Pertumbuhan Manufaktur Jepang Ekspansi Pertama Kalinya Sejak 7 Bulan

343

Aktifitas manufaktur Jepang diperluas untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan pada bulan September, survei pendahuluan menunjukkan pada hari Jumat (23/09), sebagai tanda sementara bahwa pertumbuhan ekonomi bisa mengambil langkah.

Indeks IHS Markit / Nikkei flash Manufacturing Purchasing Managers (PMI) Jepang naik menjadi 50,3 pada September dari akhir 49,5 pada bulan Agustus secara musiman disesuaikan.

japan-manufacturing-pmi

Ini adalah pertama kalinya dalam tujuh bulan bahwa indeks berada di atas ambang 50 yang memisahkan kontraksi dari ekspansi.

Indeks untuk pesanan ekspor baru naik ke awal 50,2 dari akhir 47,2 pada bulan sebelumnya, menunjukkan ekspansi pertama dalam delapan bulan.

Pertumbuhan ekonomi Jepang melambat pada kuartal April-Juni karena kelemahan dalam belanja konsumen dan ekspor. Sejak itu, data ekonomi telah menunjuk sebuah perubahan di belanja modal, yang dapat mendukung pertumbuhan di masa depan.

Meningkatnya investasi residensial karena suku bunga rendah juga bisa menjadi faktor positif bagi produk domestik bruto, beberapa ekonom mengatakan.

Pemerintah Jepang juga memiliki paket stimulus ¥ 13500000000000 ($ 134.270.000.000), yang harus mendukung permintaan domestik di tengah kekhawatiran tentang permintaan luar negeri.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here