Awal Bursa Eropa 26 September Merosot Tajam Menantikan Pidato Draghi dan Pertemuan OPEC

430

Bursa Saham Eropa merosot tajam di awal perdagangan Senin (26/09) karena investor berhati-hati menjelang pidato Presiden ECB dan pertemuan produsen OPEC di Aljazair pekan ini.

Indeks FTSE berada pada 6.830,43, turun -79,00 poin atau -1,14%

Indeks DAX berada pada 10.465,61, turun -161,36 poin atau -1,52%

Indeks CAC berada pada 4.414,52, turun -74,17 poin atau -1,65%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.644,60, turun -179,00 poin atau -2,03%

Indeks Pan-Eropa Euro Stoxx 600 Index lebih rendah dengan semua sektor di wilayah negatif.

Saham Deutsche Bank bergerak lebih rendah, mencapai rekor terendah pada hari Senin. Saham turun 6 persen, menyusul laporan bahwa majalah Jerman Focus mengatakan pemerintah negara itu telah mengesampingkan bantuan negara untuk bank.\

Saham minyak dan gas adalah pemain terburuk meskipun kenaikan harga minyak pada Senin pagi. Produsen OPEC ditetapkan untuk bertemu secara informal di sela-sela Forum Energi Internasional di Algeria, untuk membahas kemungkinan kesepakatan pembekuan produksi. Pertemuan informal akan berlangsung antara Senin dan Rabu.

Menteri Energi Aljazair mengatakan bahwa menteri minyak OPEC akan “tidak keluar dengan tangan kosong” dari pertemuan itu tetapi analis tetap skeptis tercapai kesepakatan.

Sementara itu, investor melihat ke depan untuk debat pertama calon presiden AS, Senin. Calon presiden Hillary Clinton dan Donald Trump ditetapkan untuk berhadapan dalam debat pertama mereka di Hofstra University di negara bagian New York.

Di Italia, Perdana Menteri Matteo Renzi ini akan mengumumkan hari ini tanggal akhir untuk referendum reformasi konstitusi.

Di berita saham, saham Lanxess naik 5,5 persen pada penawaran awal setelah mengumumkan akan membeli perusahaan bahan kimia Chemtura Corp

Saham kelompok makanan Swiss-Irish Aryzta tergelincir 3,5 persen setelah melaporkan penurunan laba bersih.

Ifo institute Jerman akan merilis survei terbaru terhadap iklim bisnis di negara itu pada hari Senin dan Mario Draghi, Presiden Bank Sentral Eropa, akan berbicara di Parlemen Eropa pada Senin sore.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati hasil pertemuan produsen OPEC di Aljazair, pidato Mario Draghi, data ekonomi zona Eropa. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here