Impor Batubara Tiongkok Agustus Meningkat

609

Impor batubara kokas Tiongkok naik tajam pada bulan Agustus di tengah menipisnya pasokan batubara domestik Tiongkok yang disebabkan oleh pembatasan pemerintah pada kapasitas produksi, memaksa banyak pembeli Tiongkok ke pasar luar negeri meskipun harga jauh lebih tinggi.

Impor batubara kokas ke Tiongkok selama Januari-Agustus adalah 37.9 juta ton, naik 17 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, di 32.4 juta ton.

Tiongkok mengimpor 6.49 juta ton  batubara kokas pada bulan Agustus, naik 45.4 persen dari Juli dan 56.4 persen dari bulan yang sama tahun sebelumnya. Australia negara asal sedikitnya kurang dari setengah dari seluruh impor Tiongkok dengan 3.15 juta ton pada bulan Agustus, naik 28.5 persen dari Juli, data pabean Tiongkok menunjukkan, Jumat lalu.

Impor batubara kokas dari Mongolia yang 2.15 juta ton pada bulan Agustus, naik 36.4 persen dari bulan sebelumnya. Pengiriman dari Kanada naik 248.7 persen bulan-ke-bulan untuk 721,600 ton pada bulan Agustus, sebagai produsen Kanada melihat peluang arbitrase karena harga impor Australia lebih tinggi. Impor dari Rusia yang 260,124 ton pada bulan Agustus, naik 83.8 persen dari Juni.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here