Rupiah Senin Naik ke Posisi Terkuat 1 Tahun Lebih, Nyaris Capai 12000

694

Di tengah perdagangan pasar valas spot sesi Eropa (26/9) dan sekaligus mengakhiri perdagangan valas tanah air pekan ini, rupiah yang sempat bergerak lemah  awan dollar AS pada sesi siang bangkit kembali ke zona hijau. Rupiah berhasil menguat menimbang pergerakan dollar AS yang kembali tertekan oleh banyak rival utamanya. Penguatan rupiah ini merupakan posisi terkuat sejak perdagangan bulan Mei 2015.

Usaha penguatan rupiah sejak sesi siang tidak  membuat aksi beli saham investor asing bertambah,  net sell asing yang terbentuk  Rp355 miliar. Dan aksi jual asing ini  juga yang mendorong  IHSG terjun ke posisi pelemahan 0,7 %.

Lihat : IHSG 26 September Berakhir Merosot 0,68 Persen Tertekan Profit Taking

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,31% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13041/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13071/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperkuat dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  ditetapkan di posisi lebih tinggi dengan perdagangan sebelumnya  ke  13076,  demikian  kurs transaksi antar bank diperkuat ke 13163  perdagangan sebelumnya 13163.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif  jika  kekuatan dollar AS terpangkas  hingga akhir perdagangan sesi Amerika malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here