Debat Sengit CaPres AS Gerakkan Peso Meksiko, Taiwan Tutup Karena Topan

519

Peso Meksiko melonjak 1,8 persen, terbesar dalam dua bulan, pada 07:15 waktu London. Posisi net short mata uang ini melonjak 37 persen dalam pekan yang berakhir tanggal 20 September ke level tertinggi dalam lebih dari dua dekade setelah jajak pendapat menunjukkan dukungan telah berkembang untuk Trump, yang telah berjanji untuk menegosiasikan kembali perjanjian bebas dengan Amerika Utara yang telah berusia dua dekade dan meningkatkan kontrol imigrasi. Dolar Kanada naik 0,4 persen.

“Hillary terlihat lebih kuat dibandingkan lawannya ,” kata Simon Pianfetti, seorang manajer senior di departemen solusi pasar SMBC Trust Bank Ltd di Tokyo. “Ini adalah risiko bullish, dan yen negatif.”

Won Korea Selatan menguat termasuk dolar Australia dan Selandia Baru, sementara yen tergelincir 0,5 persen. The Bloomberg Dollar Spot Index turun 0,2 persen, mengurangi kenaikan hari-hari sebelumnya.

S & P 500 Index berjangka menguat 0,6 persen, setelah turun sebanyak 0,3 persen. AS acuan telah meningkat dengan rata-rata 0,85 persen pada hari setelah debat pertama dalam rangkaian debat sampai tanggal pemilihan umum.

Kontrak pada indeks Euro Stoxx 50 naik 0,7 persen dan FTSE 100 kontrak Index naik 0,6 persen.

MSCI Asia Pacific Index naik 0,5 persen, setelah pulih dari kerugian sebanyak 0,9 persen. Penguatan dipimpin oleh saham-saham teknologi, sementara saham perbankan tetap berada di bawah tekanan di tengah kekhawatiran tentang kesehatan keuangan Deutsche Bank AG, pemberi pinjaman terbesar di Jerman. Pasar keuangan di Taiwan ditutup Selasa karena angin topan.

Minyak mentah tergelincir 0,2 persen menjadi $ 45,85 per barel di New York, setelah naik 3,3 persen pada sesi terakhir dan jatuh 4 persen pada Jumat. Volatilitas telah berjalan lebih dahulu sebelum produsen utama bertemu Rabu untuk membahas pembatasan output. Menteri minyak Aljazair dan Venezuela telah memperingatkan harga minyak bisa jatuh di bawah $ 20 jika kesepakatan tidak tercapai. Arab Saudi telah menawarkan untuk memotong produksi sebagai bagian dari perjanjian yang lebih luas, sementara sinyal tidak mengharapkan kesepakatan terjadi pekan ini.

Nikel turun 0,8 persen sebelum Filipina mengumumkan hasil audit pertambangan nasional yang mengancam untuk mengganggu pasokan dari penambang hulu. Citigroup mengatakan dampaknya mungkin akan “underwhelming.”

Shanghai Interbank Offered Rate untuk satu bulan naik menjadi 2,74 persen, tertinggi sejak 4 Agustus lalu.

Bank of England pada hari Selasa memulai pembelian obligasi perusahaan senilai awal 10 miliar pound ($ 13 milyar). Tindakan ini merupakan bagian dari upaya stimulus untuk mendukung perekonomian U.K. selepas Brexit.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here