Draghi : Kebijakan Moneter Akomodatif Untuk Meningkatkan Inflasi

471

Dalam sambutannya yang disiapkan untuk Parlemen Eropa, Presiden ECB Mario Draghi menyatakan bahwa proyeksi kebijakan moneter yang akomodatif akan terus memberikan dukungan yang efektif untuk pemulihan siklus dan jalan ke atas untuk inflasi.

Draghi juga menyatakan bahwa kondisi pembiayaan harus tetap mendukung skenario baseline terwujud. Dalam konteks ini, Dewan Pemerintahan akan terus memantau perkembangan ekonomi dan keuangan sangat erat. Jumlah yang sangat besar dukungan keuangan akan dipertahankan dan ECB akan bertindak dengan menggunakan semua instrumen dalam mandat mereka jika diperlukan.

Draghi menyatakan bahwa dampak Brexit telah terkandung dan bahwa pemulihan ekonomi adalah untuk terus dengan kecepatan tetap dan moderat.

Draghi prihatin atas risiko ketidakseimbangan ekonomi dalam zona Eropa mendestabilisasi blok mata uang dan terus mendorong tanpa henti bagi pemerintah untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar dalam mendorong pertumbuhan.

Draghi menyatakan bahwa suku bunga negatif memiliki beberapa efek samping dengan sejauh mana dampaknya tergantung pada panjangnya kebijakan.

Dia juga berkomentar bahwa kekhawatiran Brexit atas pertumbuhan tidak terwujud begitu jauh dan bahwa Dewan Pemerintahan tidak membahas setiap inisiatif kebijakan baru pada tahap ini.

Tidak ada petunjuk langsung sekitar tindakan kebijakan segar kepala bank sentral, yang merupakan indikator yang signifikan dalam menunjukkan bahwa bank ingin mendorong dukungan fiskal dibandingkan cara jangka pendek lebih lanjut untuk memperluas kebijakan moneter. Tekanan akan meningkat jika data pertumbuhan dan inflasi tetap mengecewakan selama beberapa minggu ke depan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here