Harga Minyak Mentah Melonjak 3 Persen Menantikan Pertemuan Aljazair

526

Harga minyak mentah menguat hampir 3 persen di pada akhir perdagangan Selasa dinihari terdukung optimisme pertemuan produsen terbesar di dunia di Aljazair untuk membahas cara-cara untuk membekukan produksi.

Harga minyak mentah berjangka AS naik $ 1,26, atau 2,83 persen, ke $ 45,74 per barel

Harga minyak mentah berjangka Brent naik $ 1.25, atau 2,72 persen, ke $ 47,14 per barel pada 14:38 ET, setelah rally dari sesi rendah $ 45,74.

Anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) bertemu secara informal di sela-sela Forum Energi Internasional di Aljazair dari 26-28 September, di mana mereka akan mendiskusikan kemungkinan kesepakatan untuk membatasi produksi.

Iran, yang masih menambah produksi pada tahun 2012, sebelum pengenaan sanksi-sanksi Barat yang mengangkat pada bulan Januari, meremehkan kemungkinan kesepakatan, meskipun beberapa anggota lain dari kelompok itu mengatakan mereka masih berharap akan ada beberapa kesepakatan tentang bagaimana mengatasi surplus minyak mentah dunia.

Penurunan tidak terencana di seluruh negara OPEC masih berjumlah sekitar 2 juta barel per hari, menurut strategis komoditas SEB Bjarne Schieldrop, yang akan membuat sulit bagi anggota yang memompa dekat dengan kapasitas untuk membuat jalan bagi potensi kembalinya pembatasan produksi.

Data dari Commodity Futures Trading Commission AS pada hari Jumat menunjukkan manajer hedge fund memotong posisi net long mereka dalam minyak mentah ke level terendah dalam sebulan, telah membuat penambahan mingguan terbesar untuk posisi pendek mereka.

Sumber mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat bahwa Arab Saudi tidak mengharapkan keputusan yang akan dibuat di Aljazair, sementara Arab Saudi telah menawarkan untuk mengurangi produksi jika Iran membatasai produksi sendiri tahun ini, tawaran yang Teheran belum tanggapi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya akan mencermati perkembangan pertemuan produsen minyak di Aljazair, yang jika membuahkan hasil optimis akan menguatkan harga minyak dan sebaliknya. Harga diperkirakan akan menembus kisaran Support $ 45,20 – $ 44,70, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 46,20 – $ 46,70.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here