Keuntungan Perusahaan Industri Tiongkok Agustus Naik Tertinggi 3 Tahun

466

Keuntungan dari perusahaan-perusahaan industri Tiongkok melonjak paling tinggi dalam tiga tahun, menambah bukti dari stabilisasi terus di bidang manufaktur dan meningkatkan prospek untuk kemampuan mereka untuk membayar utang.

Keuntungan industri naik 19,5 persen pada Agustus dari tahun sebelumnya menjadi 534.800.000.000 yuan ($ 80200000000), National Bureau of Statistics mengatakan Selasa (27/09).

Hasil ini melengkapi Data Agustus yang menunjukkan kredit baru, produksi industri, investasi aset tetap dan penjualan ritel naik dan mengalahkan perkiraan analis. Sementara, indikator swasta menunjukkan sentimen optimis dalam kepercayaan bisnis dan peningkatan aktivitas pabrik berlanjut pada bulan September.

“Kenaikan laba industri didorong oleh harga komoditas dan boom pasar properti, sejalan dengan pemulihan harga pabrik-gate, yang akan berubah positif tahun ini,” kata Raymond Yeung, kepala lebih besar Cina ekonom di Australia & New Zealand Banking Group Ltd . di Hong Kong. Meningkatkan keuntungan perusahaan memberikan sinyal lebih mampu membayar utang, katanya.

Para ekonom telah mengangkat perkiraan mereka untuk pertumbuhan produk domestik bruto 2016 pada peningkatan bukti dukungan fiskal pemerintah telah membantu berhasil mendukung perekonomian. Mereka juga telah tergeser kembali harapan untuk stimulus moneter tambahan sebagai pembuat kebijakan beralih roda gigi untuk memerintah di lonjakan harga rumah di beberapa kota terbesar di China.

Pertumbuhan penjualan yang kuat, rebound harga dan penurunan biaya kontribusi terhadap lonjakan laba, NBS mengatakan dalam sebuah pernyataan. Perusahaan otomotif, baja dan pengolahan minyak berperforma terbaik, katanya.

Permintaan masih lemah di dalam dan di luar negeri, kata NBS. Waktu yang dibutuhkan perusahaan untuk mendapatkan bayaran uang mereka untuk utang tetap relatif lama dan manufaktur tradisional, terutama mereka dengan kelebihan kapasitas yang masih berjuang, kata lembaga itu.

“Meskipun pertumbuhan Agustus adalah kuat, itu sebagian besar karena basis rendah tahun lalu,” kata NBS dalam pernyataannya. “Fondasi untuk mendukung berkelanjutan pertumbuhan laba industri yang pesat tidak mantap. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk meningkatkan peningkatan ekonomi riil.”

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here