Bursa Eropa Berakhir Lemah Terganjal Merosotnya Saham Energi dan Deutsche Bank

695

Bursa Saham Eropa ditutup sedikit lebih rendah pada akhir perdagangan Selasa malam, karena merosotnya sektor energi dan saham Deutsche Bank mencapai rekor terendah baru.

Indeks Pan-Eropa Euro Stoxx 600 Index beringsut ke berakhir sekitar 0,1 persen lebih rendah, dengan saham otomotif dan perusahaan minyak pemberat utama.

Indeks FTSE berakhir pada 6.807,67, turun -10,37 poin atau -0,15%

Indeks DAX berakhir pada 10.361,48, turun -32,23 poin atau -0,31%

Indeks CAC berakhir pada 4.398,68, turun -9,17 poin atau -0,21%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 8.688,20, turun -23,20 poin atau -0,27%

Pasar Saham dibuka lebih tinggi, dengan investor didukung oleh debat televisi pertama antara calon presiden AS Hillary Clinton dan Donald Trump pada Senin malam. Clinton tampaknya telah menyisihkan lawan Republik nya berdasarkan analisa pada reaksi pasar awal.

Namun, kegembiraan memudar, dengan saham AS membuka hampir datar pada hari Selasa, sebelum melanjutkan kenaikan.

Pada pertengahan pagi di Eropa, sentimen terhadap Deutsche Bank telah menyeret pasar lebih rendah. Ini terjadi di tengah kekhawatiran modal setelah Departemen Kehakiman AS menyarankan bank membayar $ 14000000000 untuk menyelesaikan penyelidikan terkait dengan sekuritas hipotek.

Saham Deutsche Bank dikupas beberapa kerugian untuk menutup sekitar 0,4 persen lebih tinggi pada Selasa, setelah mencapai terendah baru sebesar 10,20 euro ($ 11,43) di awal sesi.

Saham Volkswagen turun sebanyak 4 persen setelah laporan Bloomberg mengatakan Departemen Kehakiman AS telah menghitung pidana denda yang bisa dipungut terhadap produsen mobil itu. Saham dikupas kerugian untuk menutup 2,6 persen turun pada hari ini.

Di tempat lain, pasar minyak berada di fokus dengan negara penghasil minyak mentah utama bertemu di Forum Energi Internasional di Aljazair, di tengah spekulasi tentang kemungkinan kesepakatan pembekuan produksi untuk mendukung harga.

Minyak mentah berjangka lebih dari 3 persen lebih rendah ketika pasar saham Eropa ditutup.

Penurunan harga minyak mentah berdampak terhadap saham energi Eropa, dengan saham terdaftar di London Tullow Oil menutup turun sekitar 3,3 persen.

Dalam berita lainnya, saham Commerzbank ditutup sekitar 2,9 persen lebih rendah setelah laporan media menunjukkan pemberi pinjaman terbesar kedua di Jerman mungkin memotong sekitar 9.000 pekerjaan selama tahun-tahun mendatang.

Saham grup telekomunikasi Perancis Orange ditutup sekitar 1,7 persen lebih tinggi setelah upgrade dari Credit Suisse.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati hasil pertemuan produsen OPEC di Aljazair, pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street .

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here