Bursa Seoul 28 September Ditutup Lemah Terganjal Profit Taking

422
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan Rabu (28/09), indeks Kospi berakhir turun –9,76 poin, atau -0,47 persen, pada 2053.06. Pelemahan indeks Kospi tertekan profit taking yang dipicu pelemahan Won dan kehati-hatian mencermati pertemuan OPEC di Aljazair untuk kesepakan pembekuan produksi.

Lihat : Indeks Kospi 28 September Dibuka Negatif Tertekan Pelemahan Minyak Mentah

Setelah memulai lebih rendah, indeks Kospi berayun antara keuntungan dan kerugian setelah membukukan keuntungan Selasa mengikuti debat calon Presiden AS Clinton-Trump, dimana pasar mendekalrasikan kemenangan Clinton.

Investor juga berhati-hati menjelang pertemuan para menteri OPEC Rabu di Aljazair, di mana mereka akan memutuskan apakah akan memangkas produksi minyak, meskipun harapan yang rendah untuk kesepakatan terjadi.

Mata uang lokal ditutup pada 1,096.80 won terhadap dolar AS, turun 0,3 won dari penutupan sesi sebelumnya.

Pada akhir perdagangan hari ini,saham-saham kapital besar mixed. Saham Samsung Electronics turun 0,13. Saham SK Hynix, pembuat chip global, naik tipis 0,12 persen. Saham Naver, operator portal Internet negara utama, naik 0,34 persen.

Saham Otomotif diperdagangkan di medan negatif, dengan saham Hyundai Motor turun 2,12 persen, saham afiliasi yang lebih kecil Kia Motors mencelupkan 2,94 persen.

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka terpantau turun -1,50 poin atau -0,58% pada 258.90, turun dari posisi penutupan sebelumnya pada 260.40.

Esok hari akan dirilis data Consumer Confidence September yang diperkirakan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya indeks Kospi akan bergerak lemah jika data Consumer Confidence terealisir melemah. Namun juga akan mencermtai pergerajan bursa Wall Street dan harga minyak mentah. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 256.21-253.36 dan kisaran Resistance 262.06-265.16.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here