Optimisme Konsumen AS September Naik Tertinggi 9 Tahun

486

Indeks kepercayaan konsumen The Conference Board menguat ke 104,1 untuk September dari pembacaan yang direvisi naik dari 101,8 pada bulan Agustus, awalnya dilaporkan sebagai 101,1. Angka itu lebih kuat dari perkiraan konsensus 99,0 dan juga pembacaan terkuat selama lebih dari sembilan tahun.

Peningkatan kepercayaan akan mendukung harapan jangka pendek seputar prospek belanja dan prospek pertumbuhan yang lebih luas.

Komponen situasi saat ini menguat ke 128,5 dari 125,3 dengan peningkatan indeks ekspektasi untuk 87,8 dari 86,1 pada bulan Agustus.

Proporsi konsumen yang menyatakan kondisi bisnis yang baik meningkat 30,3% dari 27,4% dibandingkan penurunan proporsi melihat kondisi buruk.

Penilaian pasar tenaga kerja juga lebih kuat pada bulan dengan jumlah yang menyatakan pekerjaan yang berlimpah naik menjadi 27,9% dari 36,9% dengan proporsi mengklaim sulit untuk mendapatkan pekerjaan menurun menjadi 21,6% dari 22,8%.

Prospek pasar tenaga kerja juga lebih positif dengan proporsi mengharapkan lebih banyak pekerjaan di bulan depan naik menjadi 15,5% dari 14,4% dan mereka mengantisipasi pekerjaan lebih sedikit menurun menjadi 17,0% dari 17,5%.

Salah satu indikator kurang positif adalah penurunan jumlah orang yang mengharapkan pendapatan mereka meningkat, meskipun jumlah mengharapkan pendapatan menurun juga mengalami penurunan pada bulan, yang mungkin meragukan pertumbuhan upah.

Tidak ada bukti kuat bahwa ketidakpastian politik memiliki dampak negatif pada kepercayaan.

Data keseluruhan meningkatkan kepercayaan terhadap prospek pertumbuhan jangka pendek, meskipun pasar akan lagi bertanya-tanya mengapa The Fed tidak menaikkan suku bunga pekan lalu.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here