PBSA Jadi Emiten Ke-534 dan Sahamnya Oversubscribe Saat IPO

605

Emiten ke 534 atau yang ke 13 tahun ini setelah resmi mencatatkan perdana sahamnya di bursa saham di awal perdagangan hari ini (28/9) berhasil melonjak 5 persen. Emiten yang bernama P‎T Paramita Bangun Sarana Tbk. (PBSA) resmi dibuka di posisi  1300   dan kini  saham bergerak pada  posisi 120.

Dihari pertama perdagangan sahamnya, transaksi yang terjadi berhasil memperdagangkan 143 ribu lot lebih dengan nilai valuasi mencapai Rp18,2 miliar. Harga pembukaan pagi ini berada  di batas atas kisaran harga penawaran Rp1200, dan penguatan paling banyak ditopang oleh investor lokal.

Dalam transaksi perdagangan saham yang terjadi hari ini, saham PBSA sempat menyentuh level tertinggi di kisaran 1350 dan terendah di posisi 1250. Sebagai informasi, perusahaan yang berpusat di Jakarta  dan didirikan tahun 2002 ini  memiliki bisnis usaha pembangunan seperti konstruksi, infrastruktur, mekanikal dan juga elektrikal.

Dalam proposal yang disampaikan perseroan kepada OJK sebelum IPO, PBSA melepas sahamnya kepada publik sebanyak 300 juta saham atau 20% dari modal yang ditempatkan. Dana yang didapat dari IPO ini akan digunakan perseroan paling besar porsinya untuk modal kerja sisanya untuk ekspansi bisnis dan pembelian mesin serta alat berat. Saham ini cukup ramai diminati pasar yang terbukti saat lakukan penawaran umum alami oversubcribe 1,5 kali atas saha yang ditawarkan.

Lens Hu/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here