Pertumbuhan Sektor Jasa AS Meningkat Tertinggi 5 Bulan

446

Sektor jasa AS menunjukkan percepatan pada bulan September, menurut survei Markit. Indeks flash Jasa PMI membukukan hasil 51,9, naik dari pembacaan Agustus sebesar 51 dan lebih tinggi dari 51,1 dari perkiraan analis menurut survei Thomson Reuters.

Ini adalah kenaikan bulanan terkuat sejak April, namun laju pertumbuhan mundur ke titik terendah 4-bulan.

united-states-services-pmi (1)

Meskipun jumlah pembacaan membaik, optimisme bisnis di industri jasa dicelupkan selama bulan ke level terendah pada rekor yang tercatat pada bulan Juni. Responden industri masih melihat peningkatan aktivitas, selama tahun depan.

Menurut laporan itu, pertumbuhan lemah di bisnis baru membebani pertumbuhan lapangan kerja. Tingkat staf terus tumbuh, tetapi September menunjukkan peningkatan paling lambat sejak bulan Maret 2013.

PMI Composite Markit, yang menggabungkan sektor manufaktur dan jasa, bergerak lebih tinggi untuk 52 dari 51,5 pada bulan Agustus.

Kepala ekonom Markit, Chris Williamson mengatakan, “Sektor jasa mengirim sinyal campuran pada bulan September, dengan pertumbuhan yang lebih cepat dari aktivitas selama bulan diimbangi dengan suramnya indikator ke depan. Meskipun kegiatan usaha menunjukkan kenaikan bulanan terbesar sejak April, arus masuk dari bisnis baru melambat dan pertumbuhan lapangan kerja adalah yang terlemah selama 3,5 tahun. Penurunan optimisme untuk tahun depan terendah mendekati pasca krisis sementara membayangi prospek. “

Lebih lanjut ia menambahkan dengan gabungan survei layanan dan manufaktur menunjukkan ekonomi pada tingkat tahunan hanya tumbuh sekitar 1% selama Q3.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here