Preview: Durable Goods AS

490

Menurut perkiraan sementara dari PMI manufaktur AS untuk bulan September yang dirilis pada minggu lalu, aktifitas manufaktur AS tetap lemah. Walaupun indeks tetap diatas 50, perkiraan sementara yang sebesar 51.4 untuk bulan ini adalah suatu peringatan bahwa kemungkinan sektor manufaktur untuk bisa segera menembus mode pertumbuhannya yang lambat adalah masih rendah.

Seorang ekonom senior di HIS Markit mengatakan,”kenaikan new-order yang lebih lemah adalah keprihatinan utama di dalam survey PMI terakhir ini, dan ini bisa menyeret pertumbuhan produksi sampai ke kuartal terakhir.”

Outlook dari angka-angka manufaktur via survei Fed regional di bulan September tidak memberikan banyak perbedaan. Hanya dua dari lima “benchmarks” yang menunjukkan angka yang positip. Rata-rata dari benchmark ini kembali ke teritori positip pada bulan ini, tetapi hanya marginal.

Jumlah order baru untuk barang-barang tahan lama meningkat untuk kedua kalinya di bulan Juli ditengah meningkatnya permintaan untuk mesin dan produk lainnya, menunjukkan belanja bisnis sedang mengalami “rebound”.

Update bulan Agustus pada malam hari ini dari pesanan baru untuk “durable goods”, namun, diperkirakan akan negatif lagi setelah membukukan kenaikan yang positip pada bulan lalu. Perkiraan konsensus dari Econoday.com memproyeksikan penurunan order bulanan sebesar 1.9%, yang menjadi negatif jika di bandingkan dengan tahun lalu.

Sementara Forexcrunch memperkirakan di bulan Agustus “durable orders” akan menurun 1.0% dan “core orders” diperkirakan akan menurun 0.5%.

Jika perkiraan ini benar, “headline order” menuju ke kontraksi selama tiga bulan berturut-turut secara tahunan – tarikan terpanjang dari tinta merah untuk perubahan tahunan dalam hampir setahun.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here