Akhir Bursa Hong Kong 29 September Naik Terdukung Kinerja Sektor Energi

328

Pada penutupan perdagangan Kamis (29/09), indeks Hang Seng di Bursa Hong Kong ditutup naik 119,82 poin, atau 0,51 persen pada 23739.47. Penguatan bursa Hong Kong terdorong kinerja positif saham energi setelah kesepakatan OPEC untuk memangkas tingkat produksi.

Lihat : Indeks Hang Seng 29 September Dibuka Naik Terdukung Rally Wall Street dan Minyak Mentah

Harga minyak mentah naik 5 persen lebih pada Rabu setelah OPEC mencapai kesepakatan untuk membatasi produksi minyak mentah, perjanjian pertama organisasi untuk memotong produksi sejak 2008. Tapi mereka dicelup sedikit di Asia pada Kamis, karena pasar lebih skeptis tentang bagaimana OPEC akan melaksanakan rencana tersebut.

Lihat : OPEC Sepakat Turunkan Produksi 700.000 Barel per Hari

Pada akhir perdagangan, saham-saham energi melonjak. Saham CNOOC melonjak 5,72 persen, saham Petrochina maju 3,41 persen dan saham Sinopec lompat 4,40 persen.

Sentimen juga dibantu oleh tanda-tanda kemajuan menuju peluncuran Shenzhen-Hong Kong Stock Connect, sebuah optimisme skema lintas batas yang akan menghubungkan pasar di dua kota dan mungkin melihat lebih banyak uang dari Tiongkok yang akan mengalir ke pasar saham Hong Kong.

Bursa Efek Hong Kong Ltd di situsnya pada  Rabu merilis informasi lebih jauh dari Shenzhen Connect untuk mempersiapakanfasilitas bisnis dan teknis.

Semua sektor utama di Hong Kong naik, kecuali untuk properti, mengakhiri sesi di wilayah positif.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng naik 63,00 poin atau 0,27% pada  23,704.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 23,641.00.

Malam nanti akan dirilis data pertumbuhan ekonomi AS kuartal kedua final, yang diindikasikan naik. Jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa indeks Hang Seng akan bergerak naik jika bursa Wall Street terealisir menguat. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah. Namun diperkirakan akan bergerak datar menjelang liburan panjang memperingati Hari Nasional tiongkok. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 23.202-22.722 dan kisaran Resistance 24.202-24.762.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here