Bursa Shanghai 29 September Ditutup Positif Terdukung Kenaikan Sektor Energi

386
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Kamis (29/09), indeks Shanghai berakhir naik 10,38 poin, atau 0,35 persen, ke 2998.23. Penguatan indeks Shanghai terbantu kenaikan sektor energi.

Lihat : Indeks Shanghai 29 September Dibuka Naik, Pasar Diperkirakan Flat Jelang Libur Panjang

Bursa Saham Shanghai naik dipimpin oleh saham energi, tapi omset di Shanghai mendekati level terendah empat bulan karena pedagang bersiap untuk liburan panjang.

Perdagangan tipis karena investor masih khawatir tentang prospek ekonomi Tiongkok dan enggan untuk membuat posisi baru menjelang libur selama seminggu Hari Nasional yang dimulai pada 1 Oktober.

Semua sektor utama naik di Tiongkok, dengan saham energi memimpin keuntungan.

Saham perusahaan minyak menguat karena harga minyak melonjak setelah anggota OPEC sepakat untuk memangkas produksi.

Lihat : OPEC Sepakat Turunkan Produksi 700.000 Barel per Hari

Saham penambang batu bara juga meningkat tajam, karena kenaikan harga minyak menyebabkan konsumsi lebih tinggi dari batubara.

Lihat : Batubara Rotterdam Melonjak 4 Persen Mengikuti Lompatan Minyak Mentah

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak datar mencermati perkembangan ekonomi dalam negeri dan global, juga keengganan menjelang hari libur Nasional minggu depan. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2897-2797 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3092-3197.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here