Emas Naik Setelah Dollar AS Melemah Karena Persetujuan OPEC

732

Berita besar di pasar pagi ini adalah bahwa OPEC telah menyetujui “preliminary deal” untuk mengurangi produksi. Setelah dikusi berjam-jam yang tidak ada akhirnya di Algeria, OPEC mencapai konsensus bahwa pengurangan produksi minyak adalah perlu.

“Market share” terus menjadi isu yang diperdebatkan meskipun negara-negara para anggota OPEC setuju untuk membatasi produksi sebesar 32.500.000 sampai 33.000.000 barrel per alokasi. Sebuah sub komite akan dibentuk untuk mengurusi detilnya sehingga kegairahan pasar kemungkinan akan terhenti sampai pertemuan OPEC bulan November.

Harga emas mengalami kenaikan setelah dolar AS tergelincir menyusul kesepakatan dari para produsen minyak untuk mengendalikan produksi minyak.

Emas spot XAU naik 0.3% menjadi $1,324.76 per ons pada 0047 GMT. Emas berjangka AS GCcv1 naik 0.4% ke $1,328.30 per ons, menyusul persetujuan OPEC pada hari Rabu malam kemarin untuk membuat sedikit pemangkasan produksi yang merupakan “deal” pertama sejak tahun 2008, dengan pemimpin group Arab Saudi menurunkan posisinya terhadap rivalnya Iran ditengah tekanan yang semakin memuncak dari harga minyak yang rendah.

Sebagai akibatnya indeks dolar AS DXY yang mengukur greenback atas sekeranjang matauang turun 0.1% ke 95.352.

Bank sentral Rusia siap untuk terus membeli emas dari bank-bank tetapi tidak ada kuota atau obyektif untuk menambah saham bullion di dalam cadangan mereka, menurut Dmitry Tulin pada hari Rabu kemarin .

 

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here