Optimisme Ekonomi dan Bisnis Zona Eropa September Rebound

591

Sentimen ekonomi di 19 negara di zona Eropa jauh lebih baik dari yang diperkirakan pada September berkat rebound kepercayaan industri dalam perekonomian negara-negara besar zona Eropa, demikian data dari Komisi Eropa menunjukkan pada Kamis (29/09).

Indeks sentimen ekonomi, naik menjadi 104,9 pada September dari 103,5 pada bulan Agustus, mengalahkan ekspektasi tidak ada perubahan dan bergerak lebih lanjut di atas rata-rata jangka panjang 100,0.

Sentimen ekonomi merupakan indikator awal kegiatan ekonomi, menandakan tren pertumbuhan produk domestik bruto.

Secara terpisah, indikator iklim bisnis, yang menunjuk ke fase dari siklus bisnis, juga melonjak ke 0,45 pada bulan September, tingkat tertinggi sejak Oktober 2015, mengalahkan ekspektasi pasar kenaikan moderat 0,05 dari 0,03 pada bulan Agustus.

euro-area-business-confidence

Komisi Eropa mengatakan sentimen ekonomi paling membaik dalam ekonomi zona euro di negara-negara terbesar yaitu Jerman, Perancis, Italia, Spanyol dan Belanda.

Kenaikan itu dipicu terutama oleh reli kepercayaan industri, yang naik ke -1,7 dari posisi terendah enam bulan -4,1 pada bulan Agustus, dengan manajer secara kuat meningkatkan penilaian dari pesanan secara keseluruhan serta harapan produksi yang lebih baik dan, pada tingkat lebih rendah, persediaan produk jadi.

Sentimen di sektor jasa, yang menghasilkan dua pertiga dari GDP zona Eropa, naik menjadi 10,0 pada September dari 9,9 pada bulan Agustus dan suasana di kalangan konsumen naik menjadi -8,2 bulan ini dari -8,5 bulan lalu, jauh di atas rata-rata jangka panjang sejak 1990 dari -12,7.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here