Penjualan Ritel Jepang Agustus Merosot

396

Penjualan ritel Jepang turun lebih dari yang diperkirakan pada bulan Agustus untuk penurunan tahunan keenam berturut-turut jatuhnya penjualan pakaian dan peralatan rumah, membuat kebijakan di bawah tekanan untuk menemukan cara-cara memperkuat pengeluaran rumah tangga.

Penjualan ritel turun 2,1 persen pada Agustus dari tahun sebelumnya, lebih dari perkiraan pasar median untuk penurunan tahunan 1,8 persen, data dari Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri menunjukkan pada hari Kamis (29/09).

japan-retail-sales-annual

Lemahnya pembacaan menggarisbawahi rapuhnya ekonomi Jepang, dengan pertumbuhan upah yang lambat dan prospek suram pemulihan membebani belanja rumah tangga.

Ekonomi Jepang tumbuh lebih cepat April-Juni dari yang diperkirakan karena revisi ke atas untuk belanja modal dan persediaan, tetapi ada kekhawatiran baru-baru ini data yang lemah pada ekspor, produksi pabrik dan belanja rumah tangga.

Parlemen akan segera mulai untuk membicarakan paket stimulus pemerintah dengan rencana menghabiskan ¥ 7,5 triliun oleh pemerintah pusat dan daerah pada proyek-proyek infrastruktur dalam upaya untuk meningkatkan permintaan domestik.

Ekonom mengatakan paket, yang pasti akan disahkan di parlemen, bisa mendukung pertumbuhan tetapi masih khawatir apakah upah akan naik cukup cepat untuk memacu belanja konsumen.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here