Preview: GDP AS Kuartal ke 2

467

AS mengalami pukulan dari tiga kuartal pertumbuhan yang lemah, sekitar 1% setahun. Menurut perkiraan kedua untuk kuartal kedua 2016, ekonomi bertumbuh dengan kecepatan 1.1% per tahun. Tingkat pertumbuhan final untuk kuartal kedua diperkirakan 1.3%. Harapan yang tinggi untuk pertumbuhan kuartal ketiga yang kuat mengalami erosi.

Memang pertumbuhan ekonomi AS pada tahun ini lemah, tetapi hal yang melegakan sedang datang menurut perkiraan ekonomi.

Sebagai hidangan pembuka, revisi ketiga untuk GDP kuartal ketiga pada malam hari ini diperkirakan naik lebih tinggi menjadi 1.3% dari sebelumnya 1.1% pada perkiraan saat ini, menurut konsensus perkiraan Econoday.com. Ini memang tetap suatu kecepatan yang lambat, tetapi melihat kedepan ke kuartal ketiga diperkirakan secara luas akan memberikan berita yang lebih baik.

Federal Reserve Atlanta sekarang memperkirakan pertumbuhan GDP AS kuartal ketiga meningkat percepatannya menjad 2.8% (per tanggal 28 September) ketika pemerintah mempublikasikan perkiraan kedepan bulan depan. Federal Reserve New York pada tanggal 23 September memperkirakan sedikit lebih rendah sebesar 2.3%, namun proyeksi ini masih merupakan perbaikan yang solid dibandingkan dengan kuartal kedua.

Tetapi dengan masih adanya update data selama sebulan, masih banyak ketidakpastian yang bisa terjadi antara sekarang dengan tanggal 28 Oktober, ketika Bureau of Economic Analysis mempublikasikan angka-angka kuartal ketiga.

Namun saat ini, orang yakin bahwa pertumbuhan akan semakin cepat…….dimulai dengan rilis data revisi kuartal kedua malam hari ini.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here