Rupiah Kamis Masuk Zona Merah Meski Modal Asing Mengalir Kencang

437

Di tengah perdagangan pasar valas spot sesi Eropa (29/9) dan sekaligus mengakhiri perdagangan valas tanah air pekan ini, rupiah yang sempat bergerak kuat  awal perdagangan terpangkas kembali oleh kekuatan dollar AS yang terus bertambah menekan banyak rival utamanya. Selain itu laju rupiah sepanjang hari dibatasi juga oleh BI yang memangkas kurs referensi hariannya.

Lihat: Rally Dollar AS Terus Berlanjut Jika PDB Q2 AS Meningkat

Menyusutnya kekuatan rupiah sejak perdagangan siang hari tidak menghalangi  investor asing menambah koleksi saham unggulan mereka sehingga  terbentuk net buy asing  Rp938 miliar. Dukungan kuat dari investor asing ini berhasil mendorong terus penguatan  IHSG yang sampai naik  0,1%.

Lihat : IHSG 29 September Berakhir Naik, Lebih 937 Miliar Dana Asing Masuk

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,12% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp12972/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp12947/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  ditetapkan  ke posisi lebih lemah  di 12952 dari perdagangan sebelumnya  di 12926, demikian juga kurs transaksi antar bank diperlemah  ke 13017  perdagangan sebelumnya 12991.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif  jika  kekuatan dollar AS terpangkas  hingga akhir perdagangan sesi Amerika malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here