Rupiah Kamis Pagi Tetap Kuat Meski BI Lemahkan Kursnya

323

Membuka perdagangan valas antar bank di Indonesia hari Kamis (29/9), BI sedikit melemahkan kurs referensinya namun masih di kisaran 12000. Untuk gerak rupiah di pasar spot sesi Asia justru dibuka menguat seiring pelemahan dollar AS terhadap banyak rival utamanya.

Kekuatan rupiah pagi ini berhasil membuat investor asing untuk perbanyak aksi beli saham di bursa saham Indonesia, sehingga  terbentuk net buy asing  Rp217 miliar lebih.  Aksi dari investor asing tersebut membuat pergerakan  IHSG positif  dan  naik  0,6%.

Lihat: IHSG 29 September Dibuka Mantap, Pertambangan Pimpin Kenaikan Semua Sektor

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,02% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp12955/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp12955/US$. Demikian untuk kurs Jisdor  ditetapkan BI ke posisi lebih rendah di 12952 dari perdagangan sebelumnya  di 12926.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi kuat pada akhir perdagangan  oleh  sentimen dana repatriasi tax amnesty, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 12959 dan  resistance di 12933.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here