Vietnam Capai Pertumbuhan Luar Biasa, 6,4 Persen Didorong Investasi Dan Ledakan Ekspor

788

Pertumbuhan ekonomi Vietnam dipercepat pada kuartal ketiga, didorong oleh investasi asing dan ledakan ekspor.

Produk domestik bruto naik 6,4 persen pada kuartal ketiga dari tahun sebelumnya, naik dari 5,8 persen dalam tiga bulan sebelumnya, kata Kantor Statistik Umum di Hanoi, Kamis ini.
Dalam sembilan bulan hingga September, ekonomi tumbuh 5,9 persen, dibandingkan dengan estimasi median dari 5,8 persen dalam survei Bloomberg dari empat ekonom.

Pertumbuhan sedang didukung oleh meningkatnya investasi asing langsung dan ekspor, permintaan kredit lebih kuat dan sedikit pemulihan di bidang pertanian setelah kekeringan yang melumpuhkan. Perekonomian Vietnam telah diuntungkan dalam lima tahun terakhir dari perusahaan seperti Samsung Electronics Co yang mendirikan pabrik di negara itu, mengubahnya menjadi pusat manufaktur untuk barang-barang elektronik, termasuk smartphone.

Ekspor naik 6,7 persen dalam sembilan bulan pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2015 demikian juga dengan impor naik 1,3 persen pada periode yang sama.

Vietnam mencatat defisit perdagangan sebesar $ 100 juta untuk bulan September dibandingkan dengan surplus revisi $ 573.000.000 pada bulan sebelumnya.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here