Bisnis Ritel Jerman Bulan Agustus Turun Drastis

355

Melihat perkembangan bisnis ritel di Jerman pada bulan Agustus lalu dibandingkan bulan sebelumnya alami kontraksi data, namun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya justru melonjak. Namun penurunan yang tajam data  bulanan dari kinerja bisnis ritel Jerman menunjukkan kesulitan sedang melanda bisnis ritel tersebut.

Dari laporan kantor statistik federal Jerman-Destatis, penjualan bisnis ritel bulan Agustus turun ke posisi 0,4% setelah bulan Juli ada di posisi kenaikan 0,5%. Mengenai data bulan tersebut, sebelumnya ekonom memperkirakan kenaikan 0,1%.

Germany Retail Sales MoM

Namun secara tahunan, kondisi bisnis ritel di Jerman pada bulan Agustus meningkat signfikan yang dipicu adanya waktu-waktu promo discount yang diberikan sehingga menarik banyak konsumen. Tingkat konsumen negeri tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu yang ditopang juga dengan peningkatan upah pekerja.

Merespon data penjualan ritel ini mata uang Euro yang diperdagangkan di pasar forex tidak mampu mempertahankan rally perdagangan sebelumnya.

Meskipun minat konsumen meningkat sepanjang tahun terakhir, namun menurut laporan GFK hari Rabu menunjukkan paada bulan Oktober minat konsumen menurun.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here