Bursa Shanghai 30 September Naik; Bulan September Tergelincir 2,6 Persen

552

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok akhir September Jumat (30/09), indeks Shanghai berakhir naik 7,03 poin, atau 0,23 persen, ke 3.005,51. Penguatan indeks Shanghai terbantu meningkatnya pertumbuhan manufaktur Tiongkok bulan September.

Selama bulan September, indeks Shanghai tergelincir 2,6 persen sebagai kinerj bulanan terburuk sejak Januari. Namun untuk kuartal Juli – September naik 2,6 persen.

Pelemahan bulan September sebagian besar tertekan kekuatiran kenaikan suku bunga AS dan pudarnya harapan stimulus dari pemerintah Tiongkok setelah data-data ekonomi Tiongkok menguat.

Aktifitas manufaktur Tiongkok meningkat pada bulan September sebagai pesanan dalam negeri dan ekspor naik,  namun peningkatan terbatas dan produsen terus mengurangi pekerjaan, demikian survei bisnis swasta menunjukkan pada hari Jumat (30/09).

Indeks Caixin / Markit Manufacturing Purchasing Managers (PMI) naik menjadi 50,1, sejalan dengan analis perkiraan dan sedikit lebih tinggi dari angka Agustus 50,0, yang merupakan batas angka memisahkan ekspansi dari kontraksi secara bulanan.

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur Tiongkok September Naik Tipis

Laporan ini mengikuti serentetan data Agustus yang menunjukkan bahwa ekonomi Tiongkok stabil dan bahkan mungkin meningkat berkat pemerintah membangun infrastruktur dan pasar perumahan booming.

Pasar keuangan Tiongkok akan ditutup selama minggu depan untuk liburan “Golden Week”, yang telah melemahkan omset pekan ini. Tetapi beberapa investor memperkirakan kenaikan pasca-liburan karena sejumlah faktor.

Permintaan untuk aset berdenominasi yuan mungkin naik setelah yuan secara resmi masuk di SDR cadangan keranjang Dana Moneter Internasional mulai 1 Oktober, kata para pedagang. Itu bisa mengurangi tekanan depresiasi pada mata uang yuan dan kekhawatiran terkait arus keluar modal baru.

Pembatasan ekspansi pasar properti diberlakukan oleh pemerintah kota di seluruh Tiongkok juga bisa melihat beberapa uang pindah kembali ke pasar saham, kata para pedagang.

Sebagian besar sektor naik, dengan saham properti dan konsumen memimpin keuntungan.

Untuk perdagangan selanjutnya indeks Shanghai setelah libur panjang pekan depan, akan merncermati perkembangan ekonomi sepanjang pekan depan.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here