Indeks Shanghai 30 September Berawal Positif Terbantu Peningkatan Pertumbuhan Manufaktur

432
bursa shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Jumat (30/09), Indeks Shanghai dibuka naik, saat ini terpantau naik 3,59 poin atau 0,12 persen pada 3002.07. Penguatan indeks Shanghai terbantu meningkatnya pertumbuhan manufaktur Tiongkok bulan September.

Lihat : Bursa Shanghai 29 September Ditutup Positif Terdukung Kenaikan Sektor Energi

Aktifitas manufaktur Tiongkok meningkat pada bulan September sebagai pesanan dalam negeri dan ekspor naik,  namun peningkatan terbatas dan produsen terus mengurangi pekerjaan, demikian survei bisnis swasta menunjukkan pada hari Jumat (30/09).

Indeks Caixin / Markit Manufacturing Purchasing Managers (PMI) naik menjadi 50,1, sejalan dengan analis perkiraan dan sedikit lebih tinggi dari angka Agustus 50,0, yang merupakan batas angka memisahkan ekspansi dari kontraksi secara bulanan.

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur Tiongkok September Naik Tipis

Namun diperkirakan perdagangan saham akan menurun menjelang hari libur panjang pekan depan, dimana investor waspada menjelang hari libur Hari Nasional tujuh hari, yang dimulai minggu depan. Libur ini efektif akan menghentikan perdagangan ke selatan melalui Bursa Connect Shanghai-Hong Kong. Investor juga diperkirakan enggan menetapkan posisi menjelang libur panjang ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak datar dengan keengganan investor menjelang hari libur Nasional minggu depan. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2897-2797 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3092-3197.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here