Kinerja Saham Asia Terancam Kecemasan Kasus Deutsche Bank

529

Kecemasan atas kesengsaraan yang dialami Deutsche Bank memiliki potensi untuk menggagalkan kemajuan bulanan ketiga berturut-turut di saham global, reli terpanjang sejak Juni 2014. John Cryan, CEO pemberi pinjaman Jerman ini, telah berjuang untuk meyakinkan investor bahwa bank memiliki dana untuk menangani tagihan hukum terikat kesalahan masa lalu, termasuk permintaan sebesar $ 14 miliar dari US Department of Justice. Harga saham Deutsche Bank telah anjlok setengahnya dalam nilai tahun ini, sementara risiko default telah melonjak.

Hedge fund, yang menggunakan layanan broker utama Deutsche Bank, telah pindah ke perusahaan lain minggu ini, Sementara sebagian besar klien Deutsche Bank, bank terbesar di Eropa, yang jumlahnya lebih dari 200 yang melakukan derivatif-kliring masih setia. Dana Moneter Internasional mengatakan pada Juni bahwa perbankan mungkin penyumbang terbesar dari risiko sistemik diantara perusahaan keuangan terbesar.

Data Jepang pada hari Jumat menunjukkan harga konsumen turun untuk bulan keenam pada bulan Agustus, menggarisbawahi tantangan bank sentral karena mencoba untuk memacu inflasi 2 persen dan reflate ekonomi. Produksi industri sedikit membaik, sedangkan pengeluaran rumah tangga merosot dan tingkat pengangguran hampir mendekati tingkat terendah tahun 1995. Caixin’s manufacturing purchasing managers’ index untuk Tiongkok jatuh tempo di hari Jumat ini bersamaan dengan data PMI pabrik untuk Malaysia, Korea Selatan dan Thailand.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,8 persen pada 9:20 waktu Tokyo, sehingga memotong kenaikan indeks ini dalam satu kuartal hanya menjadi 8,7 persen, saham-saham keuangan menyumbang sekitar seperempat dari penurunan indeks ini. Indeks Topix Jepang turun 1,8 persen karena tindakan saham utama kehilangan tanah di pasar terbuka untuk perdagangan. Bursa saham di Tiongkok akan ditutup minggu depan untuk liburan Hari Nasional.

Minyak mentah West Texas Intermediate turun 0,2 persen menjadi $ 47,74 per barel, setelah naik lebih dari 7 persen selama dua hari terakhir.

Harga tembaga di bursa berjangka Comex untuk kontrak bulan Desember turun 0,1 persen menjadi $ 2,1870 per pound, menambah penurunan pekan ini menjadi 0,6 persen. Emas untuk pengiriman segera naik 0,2 persen, menghapus kerugian selama seminggu.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here