Mata Uang Pemenang Hillary Clinton vs Donald Trump

727

Debat kepresidenan antara Hillary Clinton dan Donald Trump diakhiri dengan sedikit kemenangan buat Clinton. Tetapi memenangkan suatu debat tidak berarti mendapatkan lebih banyak dukungan ketika berbicara soal pemungutan suara.

Sementara masih belum ada hasil dari seluruh polling, hasil polling yang sudah masuk menunjukkan bertambahnya dukungan bagi Demokrat melawan Republik.

Setelah minggu-minggu yang panjang dari Trump yang berhasil mendekatkan selisih perbedaan dari sebelumnya sempat melebar kurang lebih 85-15 untuk Clinton, menjadi hampir 50-50 pada beberapa hari lalu menjelang perdebatan berlangsung, sekarang melebar lagi menjadi 60:40 dengan kemenangan bagi Clinton.

Masih ada satu bulan sampai pemungutan suara berlangsung, dan hasil polls bukan saja benar jika kita mengingat Brexit belum lama ini.

Pasar biasanya lebih memilih Republikan yang pro-business dan pro-pasar, tetapi Trump bukanlah kandidat yang biasa dan posisinya adalah “anti-trade”. Clinton adalah kandidat yang terkenal “mainstream” yang diperkirakan akan melanjutkan apa yang sudah ada.

Di pasar matauang, pemenang dari kemenangan Clinton adalah Peso Meksiko (MXN) dan juga matauang yang mengandung resiko lainnya seperti dolar Australia, Selandia Baru dan Kanada. Pemenang dari kemenangan Trump adalah matauang “safe-haven” Yen dan Rouble Rusia, dengan Trump mengagumi presiden Rusia Vladimir Putin.

Gambaran yang lebih tepat dari debat pertama hanya baru akan bisa dilihat pada hari Senin yang akan datang. Debat wakil presiden akan berlangsung pada tanggal 4 Oktober semetara debat yang kedua antara Trump melawan Clinton akan berlangsung pada tanggal 9 Oktober dimana pasar akan memperhatikan dengan lebih seksama.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here