Pertumbuhan Manufaktur Tiongkok September Naik Tipis

407

Aktifitas manufaktur Tiongkok meningkat pada bulan September sebagai pesanan dalam negeri dan ekspor naik,  namun peningkatan terbatas dan produsen terus mengurangi pekerjaan, demikian survei bisnis swasta menunjukkan pada hari Jumat (30/09).

Indeks Caixin / Markit Manufacturing Purchasing Managers (PMI) naik menjadi 50,1, sejalan dengan analis perkiraan dan sedikit lebih tinggi dari angka Agustus 50,0, yang merupakan batas angka memisahkan ekspansi dari kontraksi secara bulanan.

Pembacaan telah mencapai sekitar tingkat netral 50 untuk bagian terbaik dari lima tahun, menunjuk ke lambat dan sulitnya permintaan.

Produksi diperluas pada bulan September, tapi di laju paling lambat dalam tiga bulan, survei menunjukkan.

Keseluruhan pesanan baru juga terus menunjukkan pertumbuhan moderat, dengan pesanan baru merayap ke wilayah ekspansif setelah sembilan bulan kontraksi.

Meskipun berkurang menjadi yang paling lambat selama sembilan bulan, tingkat penurunan pekerjaan tetap menandai keseluruhan. Sekitar 8 persen dari perusahaan yang disurvei melaporkan headcounts rendah, dengan sejumlah perusahaan menghubungkan jatuhnya pemotongan biaya.

Tetapi perusahaan-perusahaan yang mampu meneruskan biaya input yang lebih tinggi dan meningkatkan harga jual barang mereka dengan kecepatan yang lebih tajam dari pada bulan Agustus, menunjukkan mereka mendapatkan kembali kekuatan harga.

Sebuah boom konstruksi didorong oleh belanja infrastruktur pemerintah dan rally pasar perumahan telah membantu mendorong pertumbuhan di ekonomi terbesar kedua di dunia dalam beberapa bulan terakhir, meskipun perusahaan swasta kecil dan menengah seperti yang yang mendominasi survei Caixin terus berjuang.

Keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan-perusahaan industri Tiongkok tumbuh paling cepat dalam tiga tahun pada bulan Agustus dengan kenaikan penjualan, harga yang lebih tinggi dan mengurangi biaya, data resmi menunjukkan Selasa.

Impor Tiongkk juga tiba-tiba naik pada bulan Agustus untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun, menunjukkan permintaan domestik dapat meningkat. Ekspor turun pada kurang luas dari yang diharapkan dan menunjukkan tanda-tanda perbaikan, dengan permintaan dari Amerika Serikat, Jepang dan Uni Eropa semua membaik.

Namun Kementerian Perdagangan, Kamis, memperingatkan bahwa tekanan pada perdagangan Tiongkok tumbuh karena berbagai faktor destabilisasi, dan mengatakan melemahnya permintaan global “tidak mungkin” untuk membalikkan fundamental tahun ini, meskipun angka perdagangan Januari-Agustus menunjukkan tanda-tanda positif.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here