Preview: Income, Konsumsi Dan Inflasi AS

529

Pertumbuhan personal income AS di bulan Agustus diperkirakan hanya sedikit. Diperkirakan kenaikan hanya 0.2% setelah kenaikan 0.4% di bulan Juli. Dari satu tahun yang lalu, income hanya sedikit diatas 3% lebih tinggi dari tahun lalu, dan telah menjadi tren melemah sejak akhir tahun 2014.

Laporan pekerjaan bulan Agustu menunjukkan “average hourly wages” meningkat 2.4% dari tahun lalu, yang adalah terendah dalam lima bulan. Penjualan eceran bulan Agustus juga tidak bagus, jadi diperkirakan rilis data pada malam hari ini adalah rendah.

Perubahan bulanan dari Personal Income dan PCE price index menunjukkan bahwa baik income maupun consumption telah mencoba naik lebih tinggi belakangan ini.

Personal consumption dikalahkan oleh lemahnya pertumbuhan income AS dan sementara itu tingkat pertumbuhan konsumsi telah meningkat di tahun 2016, yang disebabkan oleh naiknya lebih tinggi dari harga energi.

Ukuran inflasi dari Federal Reserve, the personal consumption expenditure price index (PCEPI), 0.8% lebih tinggi di bulan Juli dari pada tahun lalu. Core PCPEI diperkirakan bertambah menjadi 1.7%, membawanya lebih dekat, tetapi masih dibawah target dari the Fed sebesar 2%. Probalita kenaikan tingkat bunga bulan Desember tidak akan bergerak lebih tinggi berdasarkan angka pada malam hari ini.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here