Rupiah Jumat Siang Dilemahkan oleh BI dan Dollar AS

753

Pergerakan nilai tukar rupiah hingga akhir perdagangan pasar spot sesi Asia hari Jumat (30/9) masih bergerak lemah setelah dibuka lebih rendah. Siang ini kekuatan rupiah mulai terpangkas oleh posisi dollar AS yang bergerak rally  terhadap beberapa  rival utamanya. Selain itu BI juga ikut melemahkan kurs referensinya.

Namun lemahnya pergerakan rupiah hingga  siang  tidak menghalangi investor asing untuk mengkoleksi saham-saham unggulan lebih besar sehingga tercetak  net buy asing menjadi Rp179 miliar. Dan aksi beli investor  asing ini  tidak dapat mengangkat  IHSG yang sedang turun 0,1%.

Lihat: IHSG 30 September Dibuka Turun Tertekan Pelemahan Wall Street

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot siang ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,10% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp12985/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp12988/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  ditetapkan  ke posisi lebih lemah di 12998 dari perdagangan sebelumnya  di 12952, demikian kurs transaksi antar bank juga dilemahkan ke 13063  perdagangan sebelumnya 13017.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi kuat terus  pada akhir perdagangan  meskipun dollar AS menguat, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13013 dan  resistance di 12983.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here