Rupiah Sepanjang Bulan September Kuat Kalahkan Dollar

460

Di tengah perdagangan pasar valas spot sesi Eropa (30/9) dan sekaligus mengakhiri perdagangan valas tanah air bulan September, rupiah turun cukup parah dari perdagangan harian pekan ini. Sepanjang pekan ini rupiah menguat secara mingguan, demikian juga secara bulanan bangkit dari pelemahan bulan Agustus hingga 1 persen lebih.

Menyusutnya kekuatan rupiah sejak perdagangan siang hari tidak menghalangi  investor asing menambah koleksi saham unggulan mereka sehingga  terbentuk net buy asing  Rp376 miliar. Dukungan kuat dari investor asing ini tidak berhasil mengangkat  IHSG yang anjlok signifikan 1,2%.

Lihat : IHSG Akhir Bulan September Masuk Zona Merah

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,54% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13042/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp12988/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  ditetapkan  ke posisi lebih lemah di 12998 dari perdagangan sebelumnya  di 12952, demikian kurs transaksi antar bank juga dilemahkan ke 13063  perdagangan sebelumnya 13017.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan awal pekan depan  diperkirakan  dibuka negatif  jika  kekuatan dollar AS semakin bertambah  hingga akhir perdagangan sesi Amerika malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here