Bursa Eropa Akhir Pekan Mixed; Bulan September Melemah

526

Bursa Saham Eropa bangkit dari posisi terendah sesi mereka dalam perdagangan akhir pekan hari Jumat untuk perdagangan 0,1 persen lebih tinggi tapi kekhawatiran atas risiko sistemik yang ditimbulkan oleh bank-bank Jerman terus membebani sentimen investor.

Indeks FTSE berakhir pada 6.899,33, turun -20,09 poin atau -0,29%. Secara bulanan indeks turun -0,37 persen.

Indeks DAX berakhir pada 10.511,02, naik 105,48 poin atau 1,01%. Secara bulanan indeks melemah -1,51 persen.

Indeks CAC berakhir pada 4.448,26, naik 4,42 poin atau 0,10%. Secara bulanan indeks merosot -2,13 persen.

Indeks IBEX 35 berakhir pada 8.779,40, turun -16,90 poin atau -0,19%. Secara bulanan indeks melemah -1,44 persen. 

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 pulih dari beberapa kerugian untuk menutup naik 0,11 persen.

Pasar Eropa mengikuti tren yang terjadi di pasar Asia pada hari Jumat, di mana pasar yang lebih rendah di seluruh papan pada hari perdagangan akhir kuartal, setelah kekhawatiran atas stabilitas Deutsche Bank menekan sentimen di pasar AS, Kamis.

Kekhawatiran atas Deutsche Bank mengirim sahamnya yang terdaftar dia AS untuk mencapai terendah sepanjang masa pada hari Kamis dan membebani sektor keuangan yang lebih luas.

Di Eropa, saham pemberi pinjaman Jerman ini anjlok sebanyak 8,6 persen dari pada hari Jumat, sebelum pulih semua kerugian hari sebelumnya untuk menutup 6,4 persen lebih tinggi pada laporan yang belum dikonfirmasi bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Departemen Kehakiman AS atas penyelesaian masalah.

Kekhawatiran atas Deutsche Bank telah menyeret seluruh sektor perbankan lebih rendah, dengan pemberi pinjaman Italia di dekat bagian bawah, tapi bangkit kembali untuk menutup 0,6 persen.

Pada hari Kamis, Commerzbank mengatakan sedang memotong ribuan pekerjaan dan pada hari Jumat, HSBC memangkas target harga untuk saham, mengirimkan saham di bank 1,15 persen lebih rendah.

Dalam berita saham individu lain, saham Telefonica jatuh setelah mengatakan telah membatalkan daftar rencana bisnis Telxius nya karena permintaan investor yang lemah.

Perancis AXA dan Jerman Allianz telah pindah ke tahap berikutnya dari pembicaraan mengenai kesepakatan dengan Standard Chartered yang akan memungkinkan perusahaan asuransi untuk menjual produk mereka melalui cabang bank Asia, Reuters melaporkan, mengutip sumber-sumber. Saham AXA dan Allianz lebih rendah sebagai bagian dari pelemahan di sektor asuransi.

Burberry adalah salah satu titik terang di Eropa, dengan saham sedikit lebih tinggi setelah RBC menaikkan target harga pada saham.

Di depan data, perkiraan flash inflasi zona Eropa pada bulan Agustus menunjukkan kenaikan dari 0,4 persen tahun-ke-tahun, sejalan dengan konsensus. Pengangguran di zona euro tetap stabil di 10,1 persen pada Agustus, sama seperti pada bulan Juli.

Di Inggris, produk domestik bruto (PDB) kuartal kedua angka direvisi naik untuk menunjukkan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,7 persen, dari 0,6 persen yang diperkirakan sebelumnya.

Sore nanti akan dirilis data Markit Manufacturing PMI September Jerman dan Zona Eropa yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan bursa Eropa.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa selanjutnya akan menguat jika data Markit Manufacturing membaik. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street .

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here