Bursa Hong Kong 3 Oktober Berakhir Naik 1 Persen

511

Pada penutupan perdagangan senin (03/10), indeks Hang Seng di Bursa Hong Kong ditutup naik 287,28 poin, atau 1,23 persen pada 23584.43. Penguatan bursa Hong Kong terdorong peningkatan pertumbuhan sektor jasa Tiongkok dan kinerja positif saham gaming.

Lihat : Indeks Hang Seng 3 Oktober Bergerak Naik Terdukung Penguatan Wall Street

Indeks manufaktur PMI Tiongkok berada di 50,4 pada September, tidak berubah dari bulan Agustus, sedangkan non-manufaktur PMI meningkat menjadi 53,7 dari bulan sebelumnya 53,5, data resmi menunjukkan Sabtu.

PMI manufaktur telah tinggal di atas batas 50 poin yang memisahkan ekspansi dari kontraksi untuk bulan kedua berturut-turut, sedangkan non-manufaktur PMI telah berdiri di atas garis selama tujuh bulan berturut-turut, menurut Biro Statistik Nasional (NBS).

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur September Tiongkok Stabil, Jasa Meningkat

Kenaikan pasar saham Hong Kong juga terangkat oleh saham game seperti Galaxy Entertainment Group, setelah pusat kasino terbesar dunia Macau membukukan lebih baik kenaikan dari yang diharapkan untuk pendapatan di bulan September.

Bank of East Asia juga membantu kenaikan, dengan sahamnya naik 3,5 persen pada pembicaraan bahwa perusahaan ekuitas swasta Permira mendekati kesepakatan untuk membeli unit Tricor Bank. Itu perolehan persentase terbesar harian saham sejak 17 Mei.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng naik 260,00 poin atau 1,12% pada  23,573.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 23,313.00.

Malam nanti akan dirilis data ISM Non Manufacturing PMI September yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa indeks Hang Seng akan bergerak naik jika bursa Wall Street terealisir menguat. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 23.082-22.562 dan kisaran Resistance 24.082-24.562.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here