Bursa Tokyo 3 Oktober Berakhir Naik Terdorong Peningkatan Manufaktur dan Saham Deutsche Bank

372
Photo by Vibizmedia

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang Senin (03/10), indeks Nikkei ditutup naik 0,9 persen, atau 148,83 poin, di 16,598.67. Penguatan indeks Nikkei terpicu peningkatan pertumbuhan manufaktur dan meredanya kekuatiran kesehatan saham Deutsche Bank.

Aktivitas manufaktur Jepang diperluas untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan pada bulan September, survei bisnis swasta menunjukkan pada hari Senin (03/10), sebagai tanda tentatif bahwa ekonomi mungkin perlahan-lahan mendapatkan kembali momentumnya.

Indeks Markit / Nikkei Jepang Akhir Manufacturing Purchasing Managers (PMI) naik menjadi 50,4 pada bulan September secara musiman disesuaikan, dibandingkan pembacaan awal 50,3 dan 49,5 akhir bulan Agustus.

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur September Jepang Naik Tertinggi 6 Bulan

Investor telah mencermati penyelesaian potensial antara Deutsche Bank dan Departemen Kehakiman AS. Saham bank Jerman yang terdaftar di AS tersebut melonjak 14 persen pada Jumat di tengah berita penyelesaian dari kasus sekuritas berbasis mortgage mis-selling dapat dikurangi dari $ 14 miliar menjadi $ 5,4 miliar.

Prospek Deutsche Bank tidak memiliki likuiditas yang cukup untuk mempertahankan hit $ 14 miliar mengguncang pasar global pekan lalu.

Pada 14:32 waktu HK / SIN, indeks dolar AS, yang melacak dollar terhadap sekeranjang mata uang utama, diperdagangkan pada 95,531, sementara pasangan dolar / uang yen diperdagangkan pada 101,31, dibandingkan dengan tingkat serendah 100,085 yen pekan lalu.

Pemulihan saham Deutsche Bank, memicu kenaikan di saham sektor keuangan.

Pada akhir perdagangan, salah satu penurunan terbesar adalah Kawasaki Heavy Industries Ltd, yang turun 11 persen setelah memproyeksi penurunan proyeksi laba operasional hampir setengahnya untuk tahun ini hingga Maret 2017, mempertimbangkan penguatan yen dan penurunan profitabilitas dari bisnis pembuatan kapal.

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka terpantau turun -10,00 poin atau -0,06% pada 16,580, turun dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya pada 16,590.

Malam nanti akan dirilis data ISM Non Manufacturing PMI September yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan bergerak naik jika bursa Wall Street terealisir meningkat. Namun juga akan mencermati pergerakan Yen. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 16,121-15,625, dan kisaran Resistance 17,113-17,638.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here