Ekspor Korea Selatan September Anjlok 5,9 Persen, Tetap Pertahankan Surplus Perdagangan

379

Ekspor Korea Selatan mundur 5,9 persen dari tahun sebelumnya pada bulan September terutama karena pengiriman lamban mobil dan perangkat mobile, demikian rilis kementerian perdagangan Korea Selatan, Sabtu (01/10).

Pengiriman Outbound membukukan US $ 40.9 miliar bulan lalu, turun dari $ 43.4 miliar pada bulan yang sama tahun lalu, menurut Departemen Perdagangan, Industri dan Energi.

Angka tersebut kambuh ke medan negatif hanya dalam satu bulan, setelah meningkat pada bulan Agustus yang mematahkan rekor 19 bulan berturut pertumbuhan negatif yang dimulai pada Januari 2015.

Impor juga mencatat pertumbuhan negatif bulan lalu, jatuh 2,3 persen pada tahunan untuk $ 33.8 miliar.

Surplus perdagangan bulan September naik $ 7.1 miliar, menandai bulan ke-56 berturut-turut surplus.

Kementerian itu mengatakan penurunan ini terutama disebabkan tekanan parsial pada pembuat mobil utama, termasuk pemimpin industri Hyundai Motor Co, atas tuntutan untuk kenaikan upah dan kesejahteraan yang lebih baik.

“Pelemahan di industri otomotif adalah faktor yang paling menentukan bagi penurunan pengiriman outbound,” kata kementerian itu. “Mereka terseret semua ekspor oleh 79.000 unit mobil, senilai $ 1.14 miliar.”

Ekspor mobil anjlok 24 persen pada tahunan pada bulan September, merosot pada tahun penurunan sejak Agustus 2009 sebagai akibat dari krisis keuangan global.

Pada saat yang sama, ekspor perangkat nirkabel merosot 27,9 persen pada tahunan pada bulan September, menandai penurunan bulanan terbesar dalam lebih dari empat tahun, karena penarikan dari Samsung Electronics Co Galaxy Note 7. Perusahaan ini mengumumkan rencana penarikan pada awal September setelah serangkaian kebakaran baterai.

Pengiriman Outbound semikonduktor juga turun 2,6 persen bulan lalu, dibandingkan dengan keuntungan 2,5 persen pada Agustus dari meningkatnya permintaan untuk chip mobile karena rilis global smartphone baru seperti Galaxy Note 7 dan Apple Inc iPhone 7.

Pembuat kapal mengekspor 26 kapal bulan lalu, tapi jumlahnya merosot 13,6 persen, penurunan tajam dari lonjakan 89,9 persen pada bulan sebelumnya.

Namun, ekspor komputer pribadi dan suku cadang mobil naik, mengimbangi penurunan mobil dan perangkat elektronik.

Penjualan luar negeri dari komputer Korea Selatan melonjak 13,3 persen bulan lalu untuk memperpanjang kemenangan beruntun untuk lima bulan berturut-turut, sementara komponen otomotif melihat ekspor mereka memperoleh 3,5 persen dari tahun sebelumnya.

Layar datar, yang telah berjuang karena kelebihan pasokan global, mengalami penurunan 3,7 persen pada September, namun kecepatan bulanan adalah yang paling lambat sejak Juli 2015, pada tren optimis sedikit terkait harga panel.

Menurut negara, ekspor ke Vietnam tetap positif, melompat 16,9 persen bulan lalu, dengan pengiriman ke Jepang naik 6,3 persen.

Ekspor ke Tiongkok, tujuan ekspor terbesar Korea Selatan, tenggelam 9,1 persen pada September dari tahun lalu, melanjutkan kekalahan yang dimulai pada awal tahun.

Pengiriman ke Amerika Serikat dan Uni Eropa juga turun masing-masing 6,1 persen dan 14,5 persen.

“Ekspor Korea Selatan diharapkan untuk melihat peningkatan pada bulan Oktober pada pemulihan stabil barang kunci seperti layar datar, suku cadang mobil dan komputer,” kata kementerian itu.

“Tapi itu terlalu dini untuk bersikap optimis karena risiko panjang penurunan di dalam dan di luar negeri termasuk perlambatan dalam perdagangan global, kemungkinan kenaikan suku bunga AS dan ekspor lamban mobil dan handset mobile.”

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here