Optimisme Produsen Besar Q3 Jepang Stabil

406

Keyakinan antara produsen besar Jepang datar dalam tiga bulan hingga September dan sentimen sektor jasa memburuk ke level terendah dalam hampir dua tahun, demikian survei Tankan diawasi ketat oleh Bank of Japan yang dilaporkan pada hari Senin (03/10), menggarisbawahi pemulihan ekonomi yang rapuh.

Perusahaan besar berencana untuk menaikkan belanja modal pada tahun fiskal saat ini, survei Tankan menunjukkan, menawarkan beberapa bantuan kepada pembuat kebijakan yang mengharapkan stimulus agresif Bank of Japan akan meningkatkan investasi bisnis.

Hasil ini mengikuti indikator terbaru yang mixed yang menggarisbawahi pertumbuhan rapuh, membuat BOJ dibawah tekanan untuk berbuat lebih banyak untuk mencapai target inflasi 2 persen.

Indeks utama yang mengukur sentimen produsen besar stabil di posisi 6 pada bulan September, tidak berubah dari tiga bulan yang lalu dan sejalan dengan prediksi pasar rata-rata yang bertambah 7, survei kuartalan menunjukkan.

japan-business-confidence

Sentimen besar non-produsen merosot ke 18 dari 19 tiga bulan yang lalu, jatuh selama tiga kuartal berturut-turut dan mencapai level terendah sejak Desember 2014. Pasar mengharapkan pembacaan plus 18.

Perusahaan besar berencana untuk menaikkan belanja modal sebesar 6,3 persen untuk tahun fiskal ini hingga Maret dari level tahun sebelumnya, sebagian besar tidak berubah dari tiga bulan yang lalu. Pasar memperkirakan kenaikan 6,8 persen.

Produsen besar berdasarkan rencana bisnis mereka pada asumsi dolar akan rata-rata 107,92 ¥ pada tahun fiskal saat ini, turun dari 111,41 ¥ diperkirakan tiga bulan yang lalu.

Tingkat revisi, masih jauh lebih tinggi daripada tingkat dolar / yen baru-baru ini sekitar 101 JPY =, menunjukkan bahwa keuntungan perusahaan bisa direvisi.

Kenaikan yen yang membatasi harga barang impor, yang dapat membantu meningkatkan daya beli rumah tangga tapi mempersulit tugas untuk BOJ untuk mempercepat inflasi target 2 persen.

Indeks sentimen Tankan ini berasal dengan mengurangi jumlah responden yang mengatakan kondisi miskin dari mereka yang mengatakan kondisi baik. Pembacaan positif berarti optimistis melebihi yang pesimistis.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here