Pertumbuhan Manufaktur September Zona Eropa Naik Tertinggi 3 Bulan

532

Indeks Markit PMI manufaktur Zona Eropa dikonfirmasi di 52,6 untuk September dari 51,7 bulan sebelumnya, sesuai dengan harapan dan pembacaan terkuat selama tiga bulan.

Pembacaan kuartal ketiga naik sedikit menjadi 52,1 dari 51,0 sebelumnya.

euro-area-manufacturing-pmi

Terjadi hasil kuat untuk produksi, sementara pesanan meningkat di laju tercepat selama tiga bulan dengan kenaikan pesanan pada tingkat tercepat sejak April 2014.

Ada peningkatan lapangan kerja secara keseluruhan untuk bulanan, sedangkan peningkatan dalam rangka backlog mendukung produksi dan keuntungan ketenagakerjaan selama beberapa bulan ke depan.

Terjadi peningkatan harga input pada kecepatan yang terkuat selama lebih dari satu tahun, sementara harga produksi yang lagi banyak berubah pada bulanan tanpa tanda-tanda tekanan inflasi.

Enam dari delapan negara berada di wilayah ekspansi untuk bulanan dan indeks Perancis pada tinggi tujuh bulan meski gagal untuk memulihkan tingkat 50,0.

Data akan menawarkan beberapa dorongan lebih untuk tren jangka pendek, tapi masih akan ada kekhawatiran atas posisi terbuka dari guncangan eksternal lebih lanjut. Kerentanan di Perancis dan Italia juga tetap menjadi perhatian utama, terutama karena kerja Perancis jatuh lagi pada bulan tersebut. Kelemahan dalam harga produksi juga akan menjadi perhatian penting dan tetap menjadi penghalang utama untuk setiap kenaikan tingkat inflasi zona Eropa secara keseluruhan.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here