Rupiah Senin Pagi Kuat Mantap Lawan Dollar AS

1955

Membuka perdagangan valas antar bank di Indonesia hari pertama bulan Oktober ( 3/10), BI memperkuat  kurs referensinya mendekati bawah kisaran 12000. Sebelumnya BI melihat pergerakan rupiah di pasar spot bergerak sangat kuat meski dollar AS sedang berusaha rebound terhadap tekanan akhir pekan banyak rival utamanya. Kekuatan rupiah pagi ini didapat dari sentimen program tax amnesty pertama yang dilakukan pemerintah.

Kekuatan rupiah pagi ini berhasil membuat investor asing untuk perbanyak aksi beli saham di bursa saham Indonesia, sehingga  terbentuk net buy asing  Rp113 miliar lebih.  Aksi dari investor asing tersebut membuat pergerakan  IHSG positif  dan  naik  1,1%.

Lihat: IHSG 3 Oktober Dibuka Naik Terdukung Penguatan Wall Street dan Rupiah

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,33% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13000/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13014/US$. Demikian untuk kurs Jisdor ditetapkan BI ke posisi lebih rendah di 13010 dari perdagangan sebelumnya  di 12998.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi kuat pada akhir perdagangan  oleh  sentimen dana repatriasi tax amnesty, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13035 dan  resistance di 12993.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here