Bursa Australia Berakhir Positif Setelah RBA Pertahankan Suku Bunga

368

Bursa saham Australia pada akhir perdagangan Selasa (04/10) berakhir positif, mengabaikan pelemahan Wall Street, setelah RBA mempertahankan suku bunga tidak berubah.

Reserve Bank of Australia (RBA) mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah pada Selasa (04/10), dengan pejabat menunggu bukti baru dari inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

RBA mempertahankan suku bunga pada 1,5%, tidak berubah dari bulan sebelumnya dan sejalan dengan perkiraan konsensus. Bank sentral memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin pada bulan Agustus, sebagai pelonggaran kedua tahun ini.

Lihat : RBA Pertahankan Suku Bunga Tetap

Pada penutupan, indeks acuan S & P / ASX 200 indeks berakhir naik 5,5 poin atau 0,1 persen, ke 5.484.

Prospek kenaikan suku bunga AS dan meredanya kemungkinan penurunan suku bunga di Australia terus meredam minat sektor defensif dan hasil tinggi, sementara saham sumber daya unggul lagi.

Sebagian besar investor fokus pada pertemuan parlemen dengan bos Commonwealth Bank Ian Narev dan pembaruan kebijakan terbaru Reserve Bank of Australia.

Sektor perbankan tertinggal dengan sentimen parlemen mengancam memberikan pidana ringan mereka yang menjadi sorotan dan karena investor bergeser dari fokus yield.

Saham ANZ naik 0,6 persen dan saham NAB naik 0,2 persen, sementara saham Westpac kehilangan 0,1 persen. Saham CBA membuntuti rekan-rekannya melemah 0,3 persen.

ANZ, NAB dan Westpac dijadwalkan untuk memberikan jawaban kepada parlemen mendatang selama dua hari ke depan.

Sektor sumber daya bersinar oleh kenaikan lain dalam harga minyak mentah pada perdagangan luar negeri.

Saham Energi, Santos melonjak 2,7 persen menjadi $ 3,80, saham Origin Energy naik 0,2 persen menjadi $ 5,53, sementara saham Woodside naik 0,7 persen menjadi $ 29,06.

Dalam sektor bahan, yang menunjukkan campuran dari logam dasar semalam gagal memperlambat momentum.

Saham BHP Billiton mengangkat 0,7 persen menjadi $ 22,90, saham Rio Tinto naik 1,1 persen menjadi $ 52,48 dan saham Fortescue ditempelkan pada 0,2 persen $ 4,90.

Di antara blue chips, saham Telstra berakhir stabil di $ 5,20, sementara saham Qantas mengangkat 1,3 persen menjadi $ 3,18 karena meluncurkan kemitraan dengan Airbnb.

Di tempat lain,  Seven West Media tergelincir 2 persen menjadi 75 c karena menjual sahamnya di layanan streaming Presto untuk bermitra dengan Foxtel, sementara Bradken meroket 32 persen setelah mengumumkan dewan telah mundur dari tawaran pengambilalihan.

Esok hari akan dirilis data Retail Sales Agustus yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa bursa Australia akan bergerak positif jika data Retail Sales Agustus terealisir meningkat. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here