Korea Selatan Bukukan Surplus Transaksi Berjalan 54 Bulan Berturut

302

Korea Selatan membukukan surplus neraca berjalan di 5,51 miliar dolar AS pada bulan Agustus, menjaga tren surplus 54 bulan berturut-turut, data bank sentral pada Selasa (04/10).

Namun surplus Agustus turun dari surplus 8,67 miliar dolar pada bulan Juli, menurut Bank of Korea (BOK).

Ekspor, yang mencapai sekitar setengah dari perekonomian, berkurang 3,0 persen dari tahun sebelumnya menjadi 41,7 miliar dolar pada bulan Agustus, sedangkan impor naik tipis 0,6 persen dengan 34,4 miliar dolar.

Ini menandai pertama kalinya dalam 23 bulan untuk impor rebound. Surplus perdagangan barang mencapai 7,3 miliar dolar AS pada Agustus, turun dari 10,78 miliar dolar pada bulan sebelumnya.

Ekspor produk minyak anjlok 26,4 persen secara tahunan, dengan ekspor panel display terjun 20,7 persen. Ekspor otomotif menurun 14,6 persen bulan lalu.

Impor bahan baku turun 5,2 persen, tapi impor modal dan barang konsumsi meningkat masing-masing 5,9 persen dan 7,8 persen.

Neraca saldo jasa, yang mengukur biaya perjalanan, transportasi dan royalti, defisit 1,45 miliar dolar AS pada Agustus.

Neraca penghasilan utama, yang mengukur investasi dan pendapatan bunga serta gaji, surplus 610 juta dolar AS pada Agustus, naik dari surplus 50 juta dolar.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here