Outlook Emas dan Perak Minggu Ini

505

Emas dan perak tidak mengalami saat yang baik pada minggu lalu walaupun USD secara relatif tetap datar sementara kemungkinan kenaikan tingkat bunga pada bulan Desember sedikit meningkat. Event utama penggerak pasar emas pada minggu ini adalah NFP untuk bulan September yang akan muncul padahari Jumat. Apakah ini cukup bisa menyeret turun emas dan perak? Apa saja yang akan bisa mempengaruhi arah dari harga bullion kedepannya?

Pasar saat ini memperkirakan kenaikan sekitar 170.000 pekerjaan di laporan NFP yang akan datang dan kenaikan 0.2% dalam upah, bulan ke bulan. Seperti yang lalu, pasar akan bergerak sesuai sehingga angka pekerjaan yang lebih tinggi bisa menambah  kemungkinan kenaikan tingkat bunga di bulan Desember, tetapi jika pekerjaan bertumbuh hanya 150.000 atau lebih rendah dari ini, hal ini akan mematikan kemungkinan kenaikan tingkat bunga pada tahun ini.

Laporan lainnya yang akan datang dari AS yang bisa menggerakkan pasar termasuk: PMI manufaktur dan non-manufaktur dan factory orders. Jika laporan-laporan ini menunjukkan kenaikan yang lebih tinggi daripada yang diperkirakan, hal ini akan bisa mendorong kemungkinan kenaikan tingkat bunga di bulan Desember yang sebagai akibatnya bisa menyeret turun akan emas dan perak.

Tetapi disamping perkembangan ekonomi di AS, perubahan yang terus berlangsung di polling dari pemilihan presiden di AS bisa juga mempengaruhi pasar keuangan dunia, walaupun sejauh ini berita-berita yang datang dari polling kelihatannya memiliki efek yang terbatas terhadap pasar. Sampai akhir dari minggu lalu, probabilita kenaikan tingkat bunga the fed di bulan November turun ke 10%, sementara untuk bulan Desember kemungkinannya naik ke 62%.

Di Eropa, dibukanya cerita mengenai Deutsche Bank menggoncangkan pasar. Tetapi minggu ini fokus Uni Eropa kemungkinan akan kembali ke pemungutan suara Brexit mengingat PM Inggris Theresa May menetapkan tanggal untuk Brexit pada akhir dari kuartal pertama tahun 2017.

Bottomline-nya, pasar masih bergerak dari pola “risk-on” ke “risk-off” pada hampir setiap hari dengan tidak ada tren yang jelas di depan. Untuk emas dan perak arahnya tetap tidak jelas. Disatu sisi, USD bergerak “side-ways”, pada hampir setiap hari dengan tidak ada tren yang jelas di depan. Untuk emas dan perak arahnya tetap tidak jelas. Disatu sisi, USD bergerak “side-ways”, sehingga tidak menggerakkan harga bullion, di sisi lain, ketidak pastian yang tinggi di pasar – dengan mengambil pertimbangan pemilihan presiden AS, pembicaraan mengenai Brexit, pergumulan bank-bank di Uni Eropa (termasuk Deutche Bank) hanya untuk menyebut beberapa – seharusnya bisa membantu mendorong naik permintaan untuk barang-barang safe-haven seperti emas dan perak. Dan ini semua datangnya pada puncak dari reaksi pasar terhadap setiap laporan ekonomi yang datang dari AS dan bagaimana semua ini menggerakkan kemungkinan dari kenaikan tingkat bunga oleh the Fed di bulan Desember. Jadi jika nanti kita melihat laporan NFP yang kuat, hal ini bisa cukup untuk membuat bullion berakhir dalam warna merah lagi pada minggu ini.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here