Pertumbuhan Manufaktur AS September Rebound

369

Produsen Amerika mengatakan bisnis membaik pada bulan September sebagai pesanan baru naik, tetapi industri masih berjuang untuk tumbuh di tengah permintaan yang lemah di AS dan ekspor lemah, survei eksekutif menyatakan.

Institute for Supply Management mengatakan indeks manufaktur naik menjadi 51,5% bulan lalu setelah mencelupkan ke dalam wilayah negatif pada bulan Agustus. Ekonom yang disurvei MarketWatch memperkirakan indeks untuk total 50,6%.

united-states-business-confidence

Pembacaan lebih dari 50% menunjukkan ekspansi, sementara pembacaan di bawahnya menyatakan sinyal kontraksi. Pada bulan Agustus, indeks merosot ke 49,4% sebelum sebagian rebound bulan lalu.

Dalam pertanda baik, ukuran yang mencerminkan pesanan baru naik ke 55,1% dari 49,1%. Sebuah ukuran produksi meningkat 3,2 poin menjadi 52,8%.

Namun indeks manufaktur lain yang diproduksi oleh perusahaan riset IHS Markit menemukan produksi yang menurun pada bulan September dan pesananan adalah terlemah sacara tahunan.

“Pertumbuhan Manufaktur melambat untuk merangkak pada bulan September, menunjukkan ekonomi terjebak dalam jalur pelemahan di tengah ketidakpastian luas hingga pemilihan presiden,” kata Chris Williamson, ekonom utama bisnis di IHS Markit.

Perusahaan ternyata tidak berpikir bahwa tingkat permintaan yang berkelanjutan. Indeks ISM kerja sedikit lebih tinggi, tetapi pada 49,7% itu tetap negatif untuk bulan ketiga berturut-turut.

Komentar oleh eksekutif yang disurvei oleh ISM, bagaimanapun, tampaknya optimis – lebih daripada survei Markit menunjukkan.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here