Saham SMBR Telah Menguat 180% Selama Kuartal III-2016

488

Pergerakan saham PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) yang sepanjang pekan lalu alami tekanan jual cukup signfikan berhasil melompat tinggi   lalu hingga naik 100 poin  lebih pada perdagangan awal pekan pertama bulan Oktober (3/10). Dengan kenaikan nilai saham yang cukup signifikan tersebut menjadikan SMBR jadi top gainers bursa saham awal pekan.

Sejak perdagangan awal bulan Juli tahun 2016, saham SMBR terus bergerak bullish hingga menguat 180 persen lebih pada perdagangan awal pekan ini. Saham terus melesat dalam 3 bulan terakhir, sampai-sampai pernah di suspensi oleh bursa karena lonjakan saham diluar kebiasaan mengingat kinerja keuangan yang menurun.

Melihat kinerja keuangannya terakhir, laba bersih SMBR pada semester pertama lalu hanya Rp102,50 miliar atau Rp10 per sahamsedangkan pada Semester I 2015 mencapai  Rp167,59 miliar atau Rp17 per saham. Melempemnya kinerja SMBR disebabkan oleh  penjualan semennya naik sedikit  dari Rp635,23 miliar menjadi Rp651,93 miliar.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham SMBR bergerak bullish dengan  indikator MA  bergerak naik moderat dan indikator Stochastic naik menembus  area jenuh beli.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak turun, dan +DI  bergerak naik  menunjukan pergerakan SMBR dalam penguatan terbatas. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasai trading hari ini buy on weaknes dengan target level resistance di level 1755  dan  target support di level 1570.

Lens Hue/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here