Penjualan Ritel Zona Eropa Agustus Merosot

507

Penjualan ritel zona Eropa turun 0,1% pada bulan Agustus, yang sejalan dengan ekspektasi pasar. Penurunan itu menyusul 0,3% keuntungan revisi bulan sebelumnya, yang awalnya dilaporkan sebagai keuntungan 1,1%.

euro-area-retail-sales

Terdapat juga perlambatan dalam laju pertumbuhan tahunan ke 0,6% dari revisi 1,8% sebelumnya, yang awalnya dilaporkan 2,9%, dan keuntungan Agustus adalah pembacaan terlemah dari 2016.

euro-area-retail-sales-annual

Data akan menyebabkan keprihatinan atas tren pertumbuhan, meskipun kekhawatiran yang lebih besar mungkin terkait akurasi data yang diberikan pada revisi ke bawah untuk Juli.

Penjualan makanan dan minuman turun 0,4% pada bulanan dengan penurunan 0,1% dalam produk non-makanan seperti penjualan bahan bakar naik sedikit pada bulanan.

Pada dasar tahunan, penjualan makanan naik 0,1% dengan kenaikan 1,3% tidak termasuk sektor makanan sebagai penjualan bahan bakar naik 1,2%.

Ada peningkatan 0,9% dalam penjualan Jerman pada tahun ini, sementara penjualan Prancis turun 1,5%, yang akan mempertahankan kekhawatiran seputar prospek Perancis.

Data penjualan secara keseluruhan akan menyebabkan kekhawatiran lebih lanjut yang mendasari sekitar melemahnya permintaan, terutama karena tidak ada alasan untuk penjualan bahan bakar lemah selama bulan ini. Dalam konteks ini, yang mendasari pengeluaran itu umumnya lemah, memperkuat kekhawatiran atas kelemahan struktural.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here