Pertumbuhan Jasa September Jerman Terendah 39 Bulan, Pertumbuhan Bisnis Terendah 16 Bulan

459

Pertumbuhan jasa yang dirilis dalam Indeks Markit PMI September Jerman final sedikit lebih tinggi menjadi 50,9 dari pembacaan flash 50,6, meskipun ini masih turun signifikan dibandingkan 51,7 yang tercatat pada bulan Agustus dan angka terendah selama 39 bulan.

Pembacaan rata-rata kuartal ketiga juga yang paling lambat selama lebih dari tiga tahun.

germany-services-pmi

Sedangkan pembacaan pertumbuhan bisnis jatuh ke 52,8 dari 53,3 dan angka terendah selama 16 bulan, memberikan kekhawatiran seputar prospek keseluruhan.

germany-composite-pmi

Meskipun pesanan baru diadakan di wilayah positif untuk 21 bulan berturut-turut, hanya ada peningkatan marginal. Ada penurunan tingkat bisnis yang luar biasa dengan peningkatan kapasitas cadangan sebagai perusahaan terus memotong backlogs.

Pertumbuhan lapangan kerja melemah pada bulan tersebut, meskipun tetap di wilayah positif.

Harga input naik pada kecepatan yang sedikit lebih cepat daripada yang terlihat pada bulan Agustus, terutama karena biaya staf yang lebih tinggi, meskipun peningkatan itu masih di bawah rata-rata jangka panjang. Harga produksi meningkat di laju tercepat selama tujuh bulan dengan hotel dan restoran membukukan tingkat terbesar kenaikan harga.

Tren jangka dekat di sektor jasa akan diawasi ketat dan hasil lemah untuk Oktober akan meningkatkan kekhawatiran yang mendasari prospek selanjutnya.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here