Arus Modal Obligasi Jepang Turun, Arus Modal Saham Meningkat

381

Arus modal ke dalam saham dan obligasi Jepang bertentangan pekan lalu, menurut Departemen Keuangan, Kamis (06/10).

Investor menjual bersih obligasi senilai 636.8 miliar yen pada minggu terakhir. Investasi obligasi asing naik minggu sebelumnya 1.21 triliun yen, data revisi menunjukkan.

Investor membeli bersih saham senilai 251.7 miliar yen dalam minggu yang sama, menyusul penjualan bersih sebesar ¥ 201.5 miliar.

Arus keseluruhan ke saham Jepang telah meningkat pada awal Oktober, dengan Nikkei 225 mencapai level tertinggi dalam hampir satu bulan. Indeks sejauh ini telah naik 2,2% minggu ini.

Pasar saham Jepang telah didukung oleh pelemahan yen. Nilai tukar USD / JPY telah naik 2,7% selama seminggu terakhir. Pasangan ini sedikit berubah pada 103.4660 pada Kamis pagi.

Meskipun keuntungan baru-baru ini, saham Jepang masih dalam jalur untuk penurunan pertama dalam lima tahun. Pasar Jepang dikenakan volatilitas ekstrim pada awal tahun ini dan telah gagal untuk meningkat meskipun Bank of Japan (BOJ) berulang kali mencoba stimulus untuk merangsang ekonomi. Penguatan yen terus menimbulkan masalah, dan diharapkan untuk tetap mendukung Nikkei di masa mendatang.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here