Bursa Eropa Berakhir Lemah Mengabaikan Kenaikan Minyak Mentah

589

Bursa Saham Eropa ditutup di wilayah negatif pada akhir perdagangan Rabu, dengan kenaikan tajam harga minyak gagal mengatasi kekuatiran investor terpicu berita seputar Federal Reserve AS dan Bank Sentral Eropa.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 selesai 0,55 persen turun, meskipun sesi perdagangan positif di Wall Street. Sebagian besar sektor berakhir dalam zona merah, namun sektor bank dan asuransi mengungguli.

Indeks FTSE berakhir pada 7.033,25, turun -41,09 poin atau -0,58%

Indeks DAX berakhir pada 10.585,78, turun -33,83 poin atau -0,32%

Indeks CAC berakhir pada 4.489,95, turun -13,14 poin atau -0,29%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 8.778,30, naik 9,30 poin atau 0,11%

Pernyataan terbaru dari pejabat Fed mengindikasikan kenaikan yang akan datang suku bunga membuat investor berhati-hati selama sesi Rabu.

Pada hari Selasa, Presiden Fed Richmond Jeffrey Lacker mengatakan ada kesempatan yang kuat untuk menaikkan suku bunga, sementara Presiden Fed Chicago Charles Evans mengatakan pada hari Rabu di Selandia Baru bahwa ia akan “baik-baik saja” dengan tarif mendaki pada akhir tahun jika data tetap mendukung , Reuters melaporkan.

Sementara itu di Eropa, laporan Bloomberg, Selasa mengatakan Bank Sentral Eropa mungkin memperkecil pembelian obligasi sebelum akhir Maret yang diharapkan dari program pelonggaran kuantitatif. ECB kemudian membantah telah membahas subjek tersebut.

Sementara itu, minyak memperpanjang kenaikan pada Rabu sore dengan harga naik setelah EIA mengungkapkan bahwa persediaan minyak mentah AS telah menurun 3,0 juta barel pada minggu sebelumnya. Brent berada di $ 51,89 pada penutupan Eropa, sementara minyak mentah AS naik lebih dari 2 persen menjadi $ 49,80.

Di tempat lain, kekhawatiran atas Brexit terus membebani sterling, dengan mata uang menca[ai terendah 31-tahun terhadap dolar pada Selasa. Pada hari Rabu, sterling masih di bawah tekanan, perdagangan sedikit naik terhadap dolar pada penutupan Eropa, di $ 1,2754.

Di pasar komoditas, harga emas mengurangi beberapa keuntungan selama sebagian besar dari perdagangan Rabu, setelah jatuh 3,3 persen pada sesi sebelumnya terendah dalam lebih dari tiga bulan, karena dolar melemah kembali dan ekuitas jatuh, Reuters melaporkan.

Namun harga perak dan logam lainnya membukukan penurunan yang solid pada Rabu, menambah tekanan terhadap sumber daya dasar, dengan saham penambang logam mulia Fresnillo dan Resources Randgold ditutup melemah tajam.

Di sisi pendapatan, jaringan supermarket Inggris Tesco melaporkan 60,2 persen kenaikan tahun-ke-tahun pada babak pertama laba operasi sebelum pos luar biasa, mengirimkan saham naik sebanyak 13,5 persen selama perdagangan. Saham ditutup 9,75 persen ke atas. Ini membantu mengangkat saham-saham sektor termasuk WM Morrison, Marks and Spencer dan Perancis Casino, yang mendapat upgrade target harga dari HSBC.

Saham Deutsche Bank berakhir naik 2,77 persen setelah buletin pasar Jerman Der Platow Brief melaporkan bahwa pemberi pinjaman melihat penyelesaian dari sekitar $ 4-5 miliar pada akhir Oktober dengan Departemen Kehakiman AS, jauh lebih rendah dari $ 14 miliar sebelumnya.

Pengawas pasar Perancis memblokir pengambilalihan yang diusulkan dari SFR oleh Altice. Saham SFR tenggelam 4,4 persen sementara Altice ditutup naik 0,9 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa selanjutnya akan pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street .

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here