Defisit Perdagangan Agustus Australia Menyempit

286

Australia membukukan defisit perdagangan 29 bulan berturut-turut 29 pada Agustus, meskipun kesenjangan antara ekspor dan impor menyempit.

Setelah penyesuaian musiman, defisit perdagangan Agustus mencapai A $ 2.01 miliar, turun dari $ 2.41 miliar pada bulan sebelumnya, Biro Statistik Australia mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Kamis (06/10). Perkiraan median dari ekonom memperkirakan defisit untuk mempersempit ke $ 2.32 miliar.

Nilai ekspor tidak berubah pada bulan Agustus setelah naik 3% pada bulan sebelumnya. Di sisi lain impor juga datar untuk bulan kedua berturut-turut.

Secara bulanan, defisit perdagangan Australia turun 5%, data resmi menunjukkan.

Data pemerintah menunjukkan bahwa nilai ekspor barang dan jasa naik US $ 10 juta menjadi $ 26.86 miliar pada bulan Agustus. Impor barang dan jasa turun $ 101 juta menjadi $ 28.87 miliar.

Dolar Australia telah mengalami kekuatan yang tidak biasa selama 12 bulan terakhir pada saat kebijakan bank sentral menjadi lebih akomodatif. Mata uang Aussie telah naik 8% terhadap dolar AS selama tahun lalu. Nilai tukar AUD / USD terakhir terlihat diperdagangkan pada 0,7810.

Reserve Bank of Australia (RBA) awal pekan ini mempertahankan suku bunga 1,5% untuk kedua kali karena kebijakan menunggu bukti baru dari inflasi dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here