GBP/USD Terendah Dalam 31 Tahun – Selanjutnya Kemana?

873

Penetapan tanggal dari Brexit oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May dan pembicaraan mengenai “hard Brexit” telah memukul poundsterling dan pergerakannya dipercepat. GBP/USD diperdagangkan dibawah level terendah yang pernah terlihat setelah referendum dan mencapai 1.2736, level terendah dalam 31 tahun. Berita-berita baik sama sekali tidak dapat menolong.

Sterling mengabaikan berita-berita baik yang berhubungan dengan ekonomi. Data PMI konstruksi Markit muncul di angka 52.3 yang lebih baik daripada yang terlihat di bulan Agustus sebesar 49.2 dan lebih besar daripada yang diperkirakan sebesar 49.1. Lompatan diatas titik ambang batas merefleksikan terjadinya ekspansi, setelah beberapa bulan mengalami kontraksi. Sektor perumahan yang memimpin kenaikan dan kejatuhan dan memimpin pemulihan setelah krisis sekalipun tetap lemah tetapi sekarang terlihat sedang bertumbuh. Namun semua itu tidak bisa membantu menahan kejatuhan daripada Poundsterling.

Kemana selanjutnya GBP/USD akan bergerak sangat tergantung kepada data-data ekonomi dan pesan-pesan yang disampaikan oleh para pejabat the Fed di Amerika Serikat.

Ledakan yang tiba-tiba akan positifnya Fed menuju pertemuan bulan Desember terjadi dengan masuknya Presiden Fed Chicago Evan kedalam pembicaraan utama semalam. Hal ini menambah besar paduan suara dari kelompok Fed yang hawkish yang menuntut kenaikan tingkat bunga pada akhir dari tahun kalender 2016.

Menjelang update data NonFarmPayrolls AS pada hari Jumat malam, kita melihat data ekonomi AS bercampuran menemani komentara dari Evan. Angka ADP yang sangat terkenal sedikit meleset dari yang diperkirakan, tetapi ISM non-manufacturing activity index mencapai level tertinggi sejak bulan Oktober 2015.

Secara keseluruhan pasar telah mengambil semua kombinasi ini sebagai hal yang positip buat USD dan hari Jumat disiapkan untuk rilis data yang sangat penting yang cukup baik.

Dengan British Poundsterling terpukul karena berita bahwa Perdana Menteri May telah menetapkan tanggal untuk Inggris menarik diri dari Uni Eropa dan pembicaraan-pembicaraaan “hard Brexit” serta data ekonomi dan pernyataan-pernyataan dari para pejabat the Fed di Amerika Serikat, harga akan bergerak ke rekor level terendah di 1.25 dengan resistant  diatas menunggu di 1.2840 dan 1.30.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here